Mengenal Pagpag, Makanan Sampah Dari Filipina

0

Beepdo.com, Jakarta – Siapa sangka, sisa makanan yang dianggap tak berharga bagi sebagian orang berkecukupan, menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi mereka yang membutuhkan. Di Filipina, daging sisa di restoran cepat saji diambil dan kemudian didaur ulang, dicuci, kemudian dimasak kembali. Mereka sebut makanan itu dengan Pagpag.

Pagpag dalam bahasa Tagalog, artinya menghilangkan atau membersihkan. Tetapi, bagi orang termiskin di Filipina ini adalah kata untuk mendaur ulang makanan sisa yang dibuang sebagai sampah oleh kelas menengah dan atas.

Para pencari bahan makanan diupah sebesar US$ 6 selama seminggu setelah bahan pagpag-nya laku terjual (TrubusNews)

Setelah lauk itu diambil dari tempat sampah, mereka biasanya akan memprosesnya lebih lanjut. Mereka akan mencuci dengan air mendidih. Jika berbau tak sedap, mereka akan mencucinya dua sampai tiga kali.

Daging sisa restoran fast food atau bahan utama pagpag biasa dijual sebesar 50 sen per kantong (EraBaru)

“Sebagian besar tulang, tetapi masih ada kuman dan terkadang larva lalat. Saat aku menggorengnya, ini lezat,” ujar Diwata, ibu dari tiga orang anak yang tinggal di lingkungan kumuh Manila. seperti dilansir dari Globalhobo.

Restoran pagpag milik juru masak buka jam 9 pagi dan semangkuknya dijual seharga 20 sen (Trivia)

Setelah makanan sisa tersebut dibersihkan, kemudian dimasak kembali dan dijual dengan harga murah. Salah seorang pengumpul pagpag menyebut, satu kantung pagpag dijual seharga Rp7.000, sementara dagingnya yang sudah dimasak menjadi makanan baru, dibanderol seharga Rp3.000 per mangkuk.

Pelanggan setia pagpag adalah warga miskin yang sehari-harinya bekerja sebagai kurir antar barang maupun pedagang (SriLangkaMiror)

Di Manila, Filipina, banyak rakyat miskin yang mengolah makanan yang dinamakan pagpag. Fakta tentang di bawah ini semoga bisa menjadi pemacu untuk kamu agar mensyukuri makanan dengan menghabiskannya yah, sahabat Beepdolovers!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers