Sigura-gura, Air Terjun Tertinggi di Indonesia. Begini Penampakanya

0

Beepdo.com, Jakarta – Air terjun Sigura-gura merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Sumatera Utara. Objek wisata ini dinobatkan sebagai objek wisata air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter.

Letak air terjun Sigura-gura tidak jauh dari lokasi wisata Danau Toba. Atau tepatnya, berada di kawasan Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Air terjun Sigura – Gura (YouTube)

Selain menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat Sumatera, air terjun Sigura – gura juga merupakan salah satu aset penting bagi penduduk Sumatera Utara. Karena keberadaan air terjun ini dijadikan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber irigasi dengan dibangunnya Bendungan Sigura – gura. Konon bendungan ini juga merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah Bendungan Sutami.

Wisata air terjun tertinggi di Indonesia ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona, Menikmati panorama alam yang ditawarkan oleh air terjun Sigura – gura menjadi sensasi tersendiri bagi para wisatawan yang datang kesini. Banyak dari para wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan berfoto – foto dengan backgroud pemandangan air terjun Sigura – gura.

Air terjun Sigura – Gura (Sumatra)

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan semasa liburan di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura adalah berkemah di sekitar lokasi air terjun. Dijamin akan asik. Apalagi berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Kamu juga bisa melakukan olah raga panjat tebing di sekitaran lokasi air terjun. Namun, harus tetap hati-hati karena licin.

Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran Air Terjun Sigura-Gura juga kerap dijadikan tempat untuk ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah nasional dan internasional.

Air terjun Sigura – Gura (Miner8)

Untuk mengunjungi tempat wisata Air Terjun Sigura-gura butuh waktu yang cukup lama. Bila kamu berasal dari luar Provinsi Sumatera Utara dapat transit terlebih dahulu di Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan. Dari Kota Medan perjalanan akan dilanjutkan menuju Kabupaten Toba Samosir dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 250 km. Kamu bisa menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Kamu juga dapat menggunakan pesawat dengan transit di Bandar Udara Sibisa Toba Samosir. Dari Toba Samosir perjalanan dapat langsung dilanjutkan menuju lokasi wisata Air Terjun Sigura – Gura.

Air terjun Sigura-Gura (grandlife)

Itulah ulasan mengenai keindahan objek wisata air terjun Sigura-gura yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Tertarik untuk berkunjung ke sini?.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers