Serunya Berpetualang ke 6 Taman Nasional Ini

0

Beepdo.com, JakartaTaman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Selain kaya akan flora, kamu juga akan menjumpai berbagai satwa lindung seperti macan tutul, anjing hutan, kijang, rusa, burung merak, sapi, kerbau, dan beragam satwa unik lainnya. Bahkan, kamu juga menikmati suasananya mirip seperti di Afrika dengan pemandangan hewan-hewan yang berkeliaran di padang rumput Savana.

Berikut, taman nasional yang bisa kamu kunjungi kapan saja:

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (DolanDolen)

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki pesona alam liar yang benar-benar menantang. Di taman nasional ini terdapat binatang-binatang yang hidup bebas berkeliaran diantaranya badak Sumatra, gajah Sumatra, orang utan, hingga beruang madu. Nama dari taman nasional Gunung Leuser diambil dari nama gunung yang berdiri kokoh di kawasan tersebut yakni Gunung Leuser.

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (NationalGeograpicIndonesia)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang terletak di ujung barat daya Sumatra ini ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. Tahun 1935, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dinyatakan sebagai Cagar Alam Suaka Margasatwa. UNESCO juga menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat (Grid)

 

Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera, luasnya sekitar 13.750 km persegi. Di sini adalah tempat flora dan fauna langka hidup dan bertumbuh. Beberapa binatang liar yang ada di taman nasional ini yakni Harimau Sumatera, badak Sumatera, gajah Sumatera, macan dahan, tapir Melayu hingga beruang madu. Tak hanya itu, masih ada sekitar 370 jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional Kerinci Seblat. Bunga raksasa Raflesia Arnoldi juga bisa anda jumpai di taman ini.

4. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (Yopiefranz)

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park). Penetapan ini menjadikan TNWK sebagai Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia atau ke-36 di Asia Tenggara. Penetapan kawasan konservasi menjadi Taman Warisan ASEAN merupakan salah satu upaya melestarikan kawasan di wilayah Asia Tenggara, yang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan tingginya nilai ekosistem.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Salah satu wilayah perairan di Taman Nasional Ujung Kulon (LensaTangerang)

Di taman nasional Ujung Kulon, kita bisa melihat binatang monyet, rusa, harimau. Jika beruntung, Badak Bercula hidup bebas. Taman nasional ini berada di sebelah ujung barat Pulau Jawa. Nama taman nasional ini Ujung Kulon yang berarti ujung barat. Luas Taman Nasional Ujung Kulon mencapai 122.956 hektare. Taman nasional ini diresmikan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

6. Taman Nasional Baluran

Pemandangan ala Afrika di Taman Nasional Baluran (Vebma)

Taman nasional di Indonesia yang satu ini berada di ujung timur Pulau Jawa, yakni di perbatasan antara kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Taman nasional Baluran memiliki luas sekitar 250 kilometer persegi dan 40 persen wilayahnya berupa padang sabana. Tempat paling terkenal di taman nasional Baluran ini adalah Savana Bekol yang merupakan padang rumput luas tempat fauna hidup dengan bebas.

Berminat untuk berkunjung ke taman nasional ini bersama teman-teman kamu, guys?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers