Seribu Keindahan Alam Nan Eksotik di Pulau Togean

0

Beepdo.com, Jakarta – Taman Nasional Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain, menyelam, memancing, menjelajah alam hutan, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Kampung suku Bajo pulau Togean (VirusTraveling)

Letak kepulauan ini memang terpencil. Sampai-sampai jika Anda singgah ke tempat ini, sinyal operator seluler Anda akan turun drastis, bahkan tidak akan ada sama sekali. Walaupun begitu pulau ini masih menjadi maknet untuk para wisatawan. Perairan di kepulauan Togean sangat tenang, bersih dan bening.

Kepulauan Togean tak hanya bak surga bagi para pencinta olah raga bawah air. Kepulauan Togean terbentang seluas kurang lebih 102 kilometer dengan luas daratan sekitar 755 km persegi, dan memiliki sekita 66 gugusan pulau.

Pulau Togean (Halallifestyle)

Karena kekayaan alam bawah laut yang menakjubkan ini, pemerintah selalu berupaya untuk melindungi demi kelestarian alam pulau Togean ini. Kepulauan Togean tercatat dalam daftar wilayah Coral Triangle region Indonesia – Filipinan, sebagai region 1. Karena Pulau Togean ini menjadi salah satu tempat yang memiliki kekayaan hayati bawah laut dari seluruh biodiversitas dunia.

Anda bisa mencapai Togean dengan dua alternatif rute, yaitu via Gorontalo atau via Palu. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, Anda bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

Selain itu dari Gorontalo, Anda juga bisa mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Pohuwato selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Lalu Anda naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.

Pulau Togean (YouTube)

Untuk rute ke Togean via Palu, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Anda harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Dari Ampana, Anda tinggal naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA. Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.

Pulau Togean (Pinteres)

Rute yang termudah dan termurah sehingga banyak orang yang memilihnya adalah via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini. Anda tak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi Anda harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Jika waktu libur atau cuti Anda terbatas, Anda bisa lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal yang lebih banyak.

Pulau Togean (PesonaIndo)

Sejuknya udara di pulau ini, tak jarang Anda akan mendengar kicauan burung-burung yang dilindungi dan berkembang biak di rimbunan hutan. Jadi. apakah kamu sudah ada rencana untuk ke Kepulauan Togean dalam waktu dekat ini, guys?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers