Tips Menteri Agama Agar Terhindar Dari Biro Umroh Bodong

0

Beepdo.com, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada dan cermat dalam memilih biro travel. Bagi masyarakat yang mau umrah pertama kali yang harus dilakukan adalah pastikan biro travel berizin.

Caranya adalah ketik website Umrah Cerdas. Dimana dalam aplikasi yang berbasis Android itu tercantum nama biro travel umrah. Jika muncul, itu artinya terdaftar resmi, meski begitu masyatakat tetap harus waspada.

Umroh (SentosaWisata)

“Ketentuan lainnya selambat-lambatnya 6 bulan sejak terdaftar, jamaah umrah harus segera diberangkatkan. Bahkan 3 bulan setelah bisa melunasi setoran umrahnya dia juga harus berangkat,” kata Lukman di Jakarta, Kamis (29/3).

Lebih lanjut Lukman menambahkan, maraknya biro umrah bodong yang sudah memakan banyak korban perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kemenag, kata dia, memiliki dua cara pembenahan pengelolaan umrah. Pertama adalah penetapan regulasi dengan cara merevisi Peraturan Menteri Agama (PMA), kedua adalah membangun sistem aplikasi berbasis elektronik yang bernama Si Patuh (sistem informasi pengawasan terpadu umrah dan haji khusus).

“Jadi di PMA itu tidak hanya mengatur kapan berangkat dan harga. Tapi juga mengatur standart minimal diatur secara rinci dalam revisi PMA,” lanjut Lukman.

Umroh (Ajanshaber)

Melalui aplikasi Si Patuh ini, kata Lukman, kamu dapat mengakses semua hal yang menyangkut hak dari calon jamaah umroh. Termasuk maskapai penerbangan yang digunakan hingga menu makan. Tentunya, aplikasi ini dapat diakses setelah kamu mendaftarkan diri pada suatu penyelenggara ibadah umrah atau biro travel.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers