Makanan Paskah Dari Berbagai Negara

0

Beepdo.com, Jakarta – Sama seperti perayaan besar lainnya, hari Paskah juga selalu diwarnai dengan acara kumpul-kumpul bersama keluarga besar. Kalau ada kumpul, sudah pasti ada juga makanan yang tersaji. Biasanya, makanannya spesial dan hanya dihadirkan di hari Paskah.

Walau identik dengan telur dan kelinci, bukan berarti saat Paskah orang juga memasak hidangan serba telur atau berdaging kelinci. Makanan khas Paskah justru jauh dari keduanya. Setiap daerah atau negara menghadirkan makanan yang berbeda sesuai dengan tradisi di sana.

Makanan-makanan ini bisa jadi inspirasi hidangan istimewa untuk akhir pekan bagi keluarga di rumah,

1. Telur Paskah – Indonesia

Telur Paskah (Pixbay)

Di Indonesia tradisi Paskah diadaptasi dari Eropa. Saat Paskah biasanya anak-anak mewarnai kulit telur unggas dengan beragam hiasan. Selain itu telur tersebut memiliki makna sebagai simbol akan adanya kehidupan yang lebih baik.

2. L’agneau Pasca l – Prancis

Lagneau Pasca l (MadameFigaro)

Makanan lezat ini berbahan dasar kaki domba yang hanya dibuat dengan 5 bahan saja, Bawang putih, garam, merica, minyak zaitun, dan kaki domba. Kadang-kadang dapat juga dibuat makin lezat dengan menambahkan rosemary.

3. Ham – Amerika

Ham (SimplyRecipes)

Masyarakat Amerika selalu menyantap ham saat Paskah datang. Itu karena sejak jaman dulu sebelum ada kulkas, orang Amerika selalu menyembelih hewan saat musim gugur dan dagingnya diasap agar awet disantap saat minggu Paskah. Ham biasa disajikan bersama saus madu atau irisan nanas.

4. Tsoureki – Yunani

Tsoureki (ZestySouthIndianKitchen)

Makanan ini adalah sejenis roti berbentuk kepang khas Yunani yang selalu dibuat dengan rasa manis. Roti beragi yang dibumbui hanya dengan jeruk dan mahlepi (sejenis bumbu dari cherry). Yang unik, Tsoureki selalu diberi hiasan telur merah yang diletakkan di antara jalinan roti. Telur ini melambangkan darah dan pengorbanan Kristus bagi manusia.

5. Fanesca – Ekuador

Fanesca (QueRicaVida)

Fanesca adalah hidangan Paskah yang wajib ada di Ekuador. Makanan ini adalah sejenis sup yang kaya akan bahan-bahan utama seperti labu kuning, 12 jenis kacang-kacangan termasuk lupin, habas, lenting, kacang polong, jagung dan lainnya serta bacalo (ikan cod yang diasinkan) yang dimasak dengan susu. Orang-orang percaya jika 12 kacang melambangkan 12 Murid Yesus dan ikan asin cod melambangkan Yesus sendiri.

Itulah 5 makanan khas Paskah. Selamat Hari Paskah tahun 2018, bagi anda yang merayakanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
344Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers