Asyik, Awal Bulan April Ada Festival Pesona Tambora, Gunung Yang Pernah Bikin Dunia ‘Gelap’

0

Beepdo.com, Jakarta – Pada tanggal 12 April 1815, atau 2 abad yang lalu, gunung berapi Tambora di pulau terpencil Sumbawa meletus sangat dahsyat sehingga awan abu tebal terbang ke seluruh dunia. Bahkan, Eropa sempat mengalami satu tahun tanpa musim panas.

Di pulau Sumbawa sendiri sebuah kesultanan benar-benar terkubur dalam lapisan abu. Sisa-sisa orang dan rumah yang diawetkan kemudian ditemukan dalam kondisi sama seperti yang ditemukan di Pompeii. Saat ini, ilmuwan mengakui letusan Tambora sebagai yang paling kuat dalam sejarah letusan gunung berapi.

Grafik Gunung Tambora (Twitter)

Untuk memperingati peristiwa dramatis ini serta sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Dompu, Sumbawa tahun ini akan kembali menggelar acara Festival Pesona Tambora (FPT) 2018 pada tanggal 1- 11 April 2018, dipusatkan di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelaksanaan Festival Tambora 2018 masuk tahun ke empat, setelah dilaksanakan pertama kali tahun 2015 bertepatan dengan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora.

Gunung Tambora (Gunungnesia)

Kementrian Pariwisata mengalokasikan anggaran untuk kegiatan ini sebesar Rp1,5 miliar. Dari jumlah ini Rp 900 juta untuk promosi dan pelaksanaan Rp 600 juta. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal menyatakan Festival Tambora menjadi salah satu kegiatan Wonderful Indonesia yang mendapat dukungan Kemenpar.

“Persiapan sudah dilakukan lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa yang nantinya dilibatkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut,” ucapnya.

Kaldera gunung Tambora (Ngzh)

Kata Faozal, ada delapan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam mendukung Festival Tambora 2018. Kegiatan itu dilaksanakan di lima kabupaten/kota yang berada di Pulau Sumbawa. Kegiatan akan dimulai dari Festival Mantar di Sumbawa Barat, Tambora Challenge lari 320 kilometer dengan mengambil start dari Sumbawa Barat dan finish di Doro Canga, Kabupaten Dompu. Surfing di Pantai Lakey, kegiatan kebudayaan di Pekat Tambora, Sangiang di Kabupaten Bima.

Gunung Tambora (Viva)

Puncak acara Festival Pesona Tambora akan digelar pada 11 April 2018. Tertarik untuk menyaksikan langsung kegagahan gunung Tambora ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers