Cobain Deh 7 Lokasi Arung Jeram Ini, Dijamin Bakal Ketagihan. Nomor 4 Terbaik ke-3 di Dunia

0

Beepdo.com, JakartaArung jeram atau bahasa kerennya Rafting adalah sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano. Kalau bosan dengan liburan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba kegiatan yang agak ekstrem ini, guys

Indonesia punya banyak lokasi arung jeram terbaik untuk pemula atau pun profesional. Kamu bisa mencoba beberapa di antaranya supaya liburanmu lebih berwarna:

1. Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (curmtrip).

Sungai Pakelan merupakan lokasi arung jeram yang sangat indah, airnya jernih, dan alamnya sangat eksotis. Sungai Pekalen terletak di Dusun Angin-angin dan rutenya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong. Arung jeram di sini mempunyai tingkat kesulitan III sampai IV. Terdiri dari Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer, dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer.

2. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat (TravelerAndCoffeLover)

Sungai Citarik di Taman Nasional Gunung Halimun ini mempunyai tingkat kesulitan III. Lokasi arung jeram ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan indah dan udara segar. Selain itu Sungai Citarik memiliki debit air yang cukup banyak, kondisi air cukup bersih, dan relatif stabil sepanjang tahun.

3. Sungai Alas, Aceh

Sungai Alas, Aceh (AcehProv)

Sungai terpanjang di Aceh ini mempunyai tingkat kesulitan III hingga IV. Rutenya dipenuhi dengan belokan tajam dan arus deras, pas banget untuk memacu adrenalin. Bagi pemula, sangat dianjurkan mengarungi Sungai Alas dari Muaa Situlen di Kutacane hingga Gelombang. Sedangkan yang sudah ahli, bisa mencoba rute dari Angusan.

4. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai Asahan, Sumatera Utara (Hipwe)

Sungai ini mempunyai tingkat kesulitan IV sampai V. Biasanya sungai ini digunakan sebagai perlombaan nasional maupun internasional bagi para profesional. Rute panjang sejauh 22 kilometer ini telah dinobatkan sebagai lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia. Wah bikin bangga banget, ya guys. Tertarik untuk menjajal rute arung jeram di sini?

5. Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah (ProgoRafting)

Sungai Progo di Magelang juga tak kalah menantang dibanding dengan tingkat kesulitan hingga V. Sungai ini terbagi menjadi Progo bawah, Progo hulu, dan Progo atas. Progo bawah mempunyai tingkat kesulitan V dengan jarak 16 kilometer. Sedangkan, yang lainnya sangat aman dengan tingkat tingkat kesulitan III. Kamu yang ingin puas bermain, bisa memilih rute Progo hulu sepanjang 26 kilometer.

6. Sungai Ayung, Bali

Sungai Ayung, Bali (BaliHolidayDestination)

Lokasinya berada di Desa Rafting Bongkasa, Bali, terletak sekitar 12 kilometer dari Ubud. Rute ini salah satu yang terbaik di Bali bagi para pemula. Tingkat kesulitannya II hingga III. Saking asyiknya, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah menyelesaikan tantangan di sungai sepanjang 12 kilometer ini pada Juni 2017 lalu.

Seru bukan, main arung jeram seperti mereka-mereka? Yuk, segera masukkan dalam list liburan kamu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers