5 Makanan Khas Sulawesi Barat

0

Beepdo.com, Jakarta – Wisata kuliner atau lebih tepatnya makanan khas Sulawesi Barat ini bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke sana. Gula merah atau disebut juga gula aren begitu dekat dan lekat di lidah masyarakat Sulawesi Barat. Sebagian besar pemanis yang terbuat dari pohon nira tersebut dijadikan sebagai bahan dasar kue khas di wilayah suku Mandar tersebut.

Ingin tahu lebih dalam? Berikut ulasannya:

1. Apang

Apang (Mamaerika)

Kue ini khas dari Mandar, Sulawasi Barat dengan bentuknya yang persegi tiga. Warnanya coklat dengan bahan dasar gula aren. Apang dibuat dari tepung beras yang sebelumnya dikukus dalam cetakan. Dahulu kala, kue ini dicampur dengan tuak manis agar adonannya mengembang lebih sempurna. Namun sekarang, kebanyakan adonannya sudah dibuat dengan menggunakan baking powder saja.

2. Roti Pawa

Roti Pawa (Resep)

Kue ini berbentuk bulat pipih dengan warna kuning gading. Terbuat dari olahan terigu dan tepung beras. Uniknya, kamu akan dikejutkan dengan kehadiran kacang halus bercampur gula merah dan gula pasir di balik daging rotinya. Roti pawa dibuat dengan cara dikukus kemudian ditiriskan di atas daun pisang yang bentuknya mengikuti bentuk roti.

3. Paso

Paso (BeritaLiputan)

Di Mandar ada kue khas yang bernama Paso yang berarti paku. Dinamakan seperti itu karena ujungnya yang sama-sama lancip. Kue ini menjadi favorit sebab rasanya yang enak luar biasa. Paso terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula aren cair dan juga santan. Adonan lalu dimasukkan ke dalam cetakan dari daun pisang yang berbentuk seperti topi ulang tahun kerucut. Adonan kemudian dikukus dalam panci dan kemudian dipasangi penyangga yang umumnya dibuat dari batang pisang.

4. Kue Bolu Paranggi

Kue Bolu Paranggi (KueOmek)

Kue ini serupa mangkok kecil mungil seukuran kepalan tangan balita. Kulit kue bolu paranggi ini merekah yang menandakan bahwa kue ini terbuat dari terigu empuk dan lembut di mulut. Belum lagi adanya sensai legit di lidah yang berasal dari gula aren, yang menjadi salah satu bahan pembuatan adonan. Kue ini dibuat di atas cetakan yang dipanaskan dengan menggunakan bara. Biasanya, kue khas ini banyak ditemukan di pasar tradisional Mandar dan warung yang berjejer di sepanjang tepi jalan Sulbar. Bolu paranggi sangat pas menjadi kudapan di sore hari plus ditemani secangkir kopi tubruk panas.

5. Kue Kui-Kui

Kue Kui-Kui (Azzamaviero)

Kue ini sangat terkenal. Sekilas tampak mirip pukis namun dengan bentuk yang lebih panjang. Kui-kui dibuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan gula merah beserta parutan kelapa muda. Layaknya buroncong, kue lezat ini pun juga dituang dalam cetakan yang sebelumnya dipanaskan dengan menggunakan bara. Penasaran dengan cita rasanya? Langsung saja jelajahi pasar-pasar tradisional Sulbar, dan kamu pasti akan menemukan kui-kui di sana. Kamu juga bisa baca makanan Khas Sulawesi Selatan.

Gimana? Penasarankan untuk nyobai dan nyicipi makanan khas Sulawesi Barat di atas? Menurut kamu yang paling enak yang mana?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
344Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers