Sarapan Dengan Granola, Apa Manfaatnya?

0

Beepdo.com, Jakarta – Belakangan, granola menjadi tren sarapan sehat karena kadungan seratnya yang tinggi. Granola terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah kering. Penyajiannya bisa ditambah dengan minyak, madu, atau pemanis lain.

Meski kaya akan serat, pemanis yang digunakan pada granola bisa menurunkan manfaatnya. Satu porsinya bisa berisi sekitar 600 kalori, atau jumlah yang sama dengan dua sandwich kalkun dan keju atau sekitar empat batang sereal.

Granola (Skinnyms)

Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu mangkuk granola mengandung 600 kalori, 28 gram lemak, 18 gram protein, 65 gram karbohidrat, 24,5 gram gula, dan 11 gram serat. Namun kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produk atau penyajian granola sendiri.

Lalu, apa sebenarnya manfaat granola bagi kesehatan?

Granola (Quericavida)

Vitamin E yang didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker. Sedangkan Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

Selain itu, di dalam granola juga terdapat mineral, seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Granola (ElizabethRider)

Meskipun ada banyak manfaat granola, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan setelah Anda memahami apa itu granola. Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Selain itu, beras yang terdapat di dalam granola memiliki kandungan nutrisi yang tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum beli dan makan granola.

1. Periksa kandungan gulanya.
2. Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
3. Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
4. Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. 5.Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.

Granola (Depositphotos)

Itulah beberapa manfaat granola. Semoga informasi ini dapat membantu anda. Hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat adalah pilihan paling bijak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers