Apa Sih UNBK?

0

Beepdo.com, Jakarta Buat yang masih sekolah, pasti paham banget soal apa itu UNBK. Yup, buat yang udah lulus, bahkan kini sudah bekerja, jangan sampai kamu nggak tahu tentang UNBK yang kini lagi menjadi perbincangan masyarakat diseluruh Indonesia.

Dilansir dari Unbk.dindik.jatimprov.go.id, Selasa (3/4/2018), UNBK merupakan singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer atau sering disebut juga Computer Based Test (CBT), yakni sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagi media ujiannya.

Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Kenapa lagi ramai banget orang-orang membahas UNBK?

Apa Sih UNBK? (Foto: Master Sewa)

 

Jadi, Senin, 2 April 2018 lalu adalah hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dan beruntung karena metode baru tersebut berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan yang kurang menggembirakan, semuanya sangat menggembirakan mulai dari pelaksanaannya juga sudah sesuai dengan prosedur, antara lain ada pertukaran pengawas dari sekolah ke satu ke sekolah lain,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy usai mengikuti rapat bersama wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Senin (2/4/2018).

Sebanyak 1.485.302 siswa dari 13.054 SMK mengikuti UN yang diselenggarakan mulai 2 April hingga 5 April. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12.495 SMK atau 1.459.062 siswa melaksanakan UNBK dan sisanya Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers