6 Istana Terindah di Dunia

0

Beepdo.com, JakartaIstana adalah sebuah kediaman raja atau penguasa tinggi di suatu negara maupun kerajaan. Selama ribuan tahun, lingkungan istana adalah area tertutup bagi rakyat jelata. Namun kini kebanyakan istana dibuka untuk umum sebagai salah satu tujuan wisata sejarah.

Nah, kamu pun bisa menjelajahi istana-istana terindah di dunia dan sarat akan nilai sejarah. Berikut ini daftarnya.

6. Istana Topkapi, Turkey

Topkapi Palace (Ozi)

Namanya dalam bahasa Turki adalah Topkapi Sarayi. Terletak di kota bersejarah Istanbul, istana Topkapi dibangun diatas sisa-sisa reruntuhan bangunan Byzantium. Istana ini dibangun pada tahun 1466 atas perintah sultan Mehmed II atau yang lebih dikenal dengan sebutan Muhammad Al Fatih (Muhammad Sang Penakluk) setelah berhasil menundukkan Konstantinopel. Topkapi sendiri berarti Gerbang Meriam. Nama ini diambil dari meriam-meriam besar yang diletakkan di depan gerbang istana.

5. Istana Chambord, Perancis

Chambord Palace (Wikipedia)

Chateau de Chambord (Istana Chambord) merupakan istana paling banyak dikunjungi ke-2 di Perancis. Didalamnya terdapat 440 kamar, 365 perapian, dan 84 tangga. Pembangunannya dimulai tahun 1519 oleh Raja Francois I sebagai tempat persinggahan saat berburu ke hutan.

4. Istana Versailles, Perancis

Versailles Palace (Twitter)

Pembangunan istana indah ini dimulai tahun 1624 oleh Louis XIII sebagai pondok berburu. Kemudian istana Versailles diperluas oleh penggantinya, yaitu Louis XIV. Sempat digunakan sebagai pusat kontrol negara pada tahun 1682, kemudian istana Versailles menjadi tempat kediaman resmi para raja Perancis hingga tahun 1789.

3. Istana Alhambra, Spanyol

Istana Alhambra, Spanyol (YokosoEropal)

Namanya berasal dari bahasa Arab, Al-Hamra yang berarti ‘merah’. Kompleks istana ini juga merupakan sebuah benteng dari kekhalifaan Bani Ummayah di sebuah dataran tinggi di Granada, Spanyol. Istana ini jatuh ke tangan pasukan Kristen gabungan kerajaan Aragon dan Castile pada tahun 1491 saat terjadinya Reconquista.

2. Istana Potala, Tibet

Istana Potala (CeritaDariKedaiKopi)

Terletak di atas Marpo Ri (Gunung Merah), istana Potala mulai dibangun abad ke-7 Masehi pada masa Songtsan Gambo berkuasa. Selama berabad-abad, istana potala menjadi pusat kegiatan politik, agama, sekaligus tempat kediaman Dalai Lama. Bangunannya berukuran 400 meter x 350 meter., memiliki tiga belas tingkat, lebih dari 1000 kamar, 10.000 tempat pemujaan dan sekitar 200.000 patung.

1. Forbidden City (Kota Terlarang), Cina

Forbidden City (giaimabian)

Dalam bahasa aslinya, kompleks istana ini disebut dengan Zijin Cheng, yang berarti “Kota Terlarang Ungu”. Terletak persis pusat ibukota Cina, Beijing, Kota Terlarang adalah kompleks istana yang terdiri dari 980 bangunan, 8.707 kamar, dan dikelilingi parit dengan kedalaman enam meter. Dibangun pada tahun 1406, istana dengan luas area 72 hektar ini menjadi pusat pemerintahan dan kediaman para kaisar Cina sejak periode Dinasti Ming sampai Dinasti Qing.

Itulah 6 istana terindah di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers