Berkunjung ke Istana Mysore, Istana Termegah di India

0

Beepdo.com, Jakarta – India, dikenal memiliki bangunan megah bersejarah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang. Tak hanya Taj Mahal yang terkenal, India juga memiliki istana bersejarah yang tak kalah indahnya. Istana itu bernama Istana Mysore.

Bangunan kerajaan termegah di India ini berada di kota Mysore, Karnataka, India Selatan. Dahulu sempat ditempati oleh Wodeyars, seorang Maharaja Mysore, yang memerintah negara pangeran pada 1350-1950.

Istana Mysore (YouTube)

Istana ini juga memiliki dua ruang pertemuan seremonial besar dan mewah yang disebut durbars dan memiliki sebanyak 18 kuil di dalamnya. Dihias dengan kaca patri, cermin, ukiran pintu kayu, lantai mosaik dan taman luas di sekitar istana, yang menjadikan istana ini dapat menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya. Istana terlihat sangat cantik selama akhir pekan, karena pada saat ini, istana diterangi oleh hampir 100.000 lampu yang menyoroti kemegahannya dalam malam.

Istana Mysore yang asli sebenarnya sudah dibangun pada abad ke-14, tapi dihancurkan dan dibangun kembali beberapa kali. Pada 1897, istana tersebut hancur dilalap api, keluarga kerajaan menugaskan arsitek Inggris Lord Henry Irwin untuk membangun istana baru, yang merupakan bangunan saat ini dan selesai pada 1912.

Istana Mysore (Wikimedia)

Kerajaan yang diperintah oleh penguasa dari keluarga Wodeyar ini pada awalnya adalah negara vassal Kemaharajaan Wijayanagara. Setelah Kemaharajaan Wijayanagara mengalami kemunduran (kurang lebih tahun 1565), kerajaan ini merdeka. Pada abad ke-17, wilayahnya meluas dan di bawah kekuasaan Narasaraja Wodeyar I dan Chikka Dewaraja Wodeyar kerajaan ini menguasai wilayah Karnataka selatan dan sebagian dari Tamil Nadu, sehingga menjadi negara yang kuat di Dekkan selatan.

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada akhir abad ke-18 di bawah kepemimpinan Haidar Ali dan putranya, Tipu Sultan. Pada saat itu, negara ini berkonflik dengan Maratha, Hyderabad, Travancore, dan Imperium Britania, yang menyebabkan meletusnya peperangan Inggris-Mysore. Walaupun dalam dua perang pertama Mysore berhasil menang, Mysore dikalahkan pada perang ketiga dan keempat.

Istana Mysore (Swayamvar.saralmarriage)

Setelah kematian Tipu selama perang keempat pada tahun 1799, sebagian besar wilayah kerajaannya diambil oleh bangsa Britania, sehingga hegemoni Mysore di Dekkan selatan berakhir. Britania mengembalikan keluarga Wodeyar ke tahta, namun menurunkan statusnya menjadi negara kepangeranan. Keluarga Wodeyar terus memerintah negara ini hingga kemerdekaan India pada tahun 1947, ketika Mysore setuju untuk bergabung dengan India.

Di sini, kamu dapat melihat koleksi benda patung, lukisan dan artefak termasuk senjata sekitar 700 buah. Senjata Maharaja tersebut terdiri dari tombak, pedang pendek, pistol, dan senjata abad ke-14 lainnya. Ornamen yang terkenal lainnya adalah gajah howdah yang terbuat dari kayu dan dihiasi dengan 84 kilogram emas.

Selama festival Mysore Dasara pada bulan September dan Oktober, bagian bawah istana menjadi pusat kegiatan. Sebuah panggung didirikan di lantai bawah untuk berbagai kegiatan seperti budaya, lagu, dan tarian. Festival ini mulai dirayakan oleh Wodeyars sejak tahun 1799, dan sampai sekarang masih terus dilanjutkan tradisi ini.

Istana Mysore (khabar)

Tertarik untuk berkunjung ke Istana Mysore?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers