Oleh-oleh Dari Banyumas, Nomor 4 Namanya Unik!

0

Beepdo.com, JakartaBanyumas, sebagai daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya memiliki berbagai macam potensi daerah yang layak untuk dikembangkan. Selain memiliki banyak sekali tempat wisata Banyumas juga memiliki berbagai sajian kuliner khas yang menggugah selera dan Indonesia banget.

Nah, pada ulasan kali ini, Beepdo.com akan memberikan beberapa daftar makanan khas Banyumas yang populer serta menggugah selera dan wajib anda coba ketika berkunjung ke Banyumas atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Langsung saja berikut ulasannya :

1. Nopia

Nopia (JobLike)

Makanan khas Banyumas nopia mempunyai bentuk yang dan rasa yang unik. Selain itu, cara membuatnya pun unik yaitu dengan cara ditempel di tungku khusus dengan suhu yang panas. Makanya, sering ada bagian dari nopia yang hangus. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang diisi gula jawa atau kacang atau coklat. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera.

2. Gethuk Goreng

Gethuk Goreng (Wikipedia)

Berbeda dari getuk pada umumnya karena pembuatannya memerlukan dua kali proses. Yang pertama yatu dengan mengukus bahan utamanya berupa singkong pilihan. Kemudian singkong yang sudah di kukus dilumatkan bersama gula jawa, campurkan juga dengan tepung terigu dan tepung beras. Bentuk menjadi kotak-kotak kecil. Proses selanjutnya adalah menggoreng hingga aromanya harum dan berubah warna. Getuk ini memiliki citarasa yang khas yaitu perpaduan manis gula jawa dan singkongnya.

3. Jenang Jaket atau Wajik Klethik

Jenang Jaket (Bukalapak)

Di Banyumas jenang jaket ini termasuk makanan wajib yang ada di acara pernikahan. Daerah yang terkenal dengan jenang jaketnya adalah daerah Mersi. Disana anda bisa mencoba jenang yang baru matang dan juga bisa melihat cara membuatnya. Untuk rasanya yaitu perpaduan rasa kenyal dan manis gula jawa.

4. Intil

Intil (TempatWisataIndonesia)

Namanya unik. Di beberapa daerah, intil punya makna khusus dan bukan untuk menyebut sebuah nama makanan. Namun, di Banyumas makanan yang terbuat dari singkong ini wajib kamu cobain. Proses pembuatannya intil, hampir mirip dengan pembuatan jalabia. Namun, intil menggunakan parutan singkong yang lebih halus. Kemudian, hasil parutan singkong diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, singkong dikukus hingga matang. Intil ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi meskipun rasanya manis.

5. Jalabia

Jalabia (ResepMakananNusantara)

Makanan khas Banyumas yang satu ini juga terbuat dari singkong bentuknya sama seperti donat. Dibuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk seperti donat lalu digoreng hingga mengambang. Sangat cocok untuk diadikan cemilan ketika bersantai.

Nah, udah tahu kan apa aja yang musti kamu cobain saat ke Banyumas. Yuk, segera borong makanan-makanan ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers