6 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

0

Beepdo.com, JakartaJawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga punya bentang alam yang menawan.

Ada begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim liburan dan akhir pekan. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

1. Goa Jatijajar Kabupaten Kebumen

Goa Jatijajar Kabupaten Kebumen (PariwisataIndonesia)

Para pecinta alam pasti akan jatuh hati terhadap tempat wisata satu ini karena goa alam yang berlokasi di Kecamatan Ayah, tepatnya di Desa Jatijajar ini bisa menambah pengalaman seru Anda ketika berlibur di Jawa Tengah. Terbentuk dari batu kapur, goa ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa sewaktu pengunjung sudah masuk ke dalamnya. Ada ornamen tiang kapur, stalagmit, serta stalagtit ditambah dengan buah deodrama serta 32 patung yang bisa ditonton oleh para pengunjung. Saat sampai ke ruang bawahnya, beberapa sendang atau yang kita kenal dengan istilah sungai bawah tanah akan terlihat.

2. Taman Nasional Karimunjawa Kabupaten Jepara

Taman Nasional Karimunjawa Kabupaten Jepara (Twisata)

Taman Nasional Karimunjawa Kabupaten JeparaKarimunjawa kini makin populer saja dan hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Wisatawan dengan keinginan wisata laut dapat datang ke Karimunjawa demi menikmati panjangnya garis pantai dan pasir putihnya yang indah dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda. Kegiatan yang paling digemari oleh para wisatawan adalah berjemur dan hal tersebut dapat dilakukan di tepi pantainya. Selain berjemur, lautnya yang jernih bisa dijelajahi. Berenang, memancing, snorkeling dan menyelam adalah beberapa olahraga air yang akan sangat seru untuk dilakukan apabila sudah sampai di Karimunjawa.

3. Ketep Pass Kabupaten Magelang

Ketep Pass Kabupaten Magelang (WisataNasional)

Di Jawa Tengah, obyek wisata apa saja ada, bahkan pemandangan bukit serta gunung yang menawan hati pun sangat menarik. Ketep Pass ini adalah lokasi yang sangat pas untuk melihat gunung Merapi dan awan panasnya. Tidak hanya itu saja yang bisa dinikmati di lokasi ini, tapi ada Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass. Datanglah ke Pelataran Panca Arga dan dari sana ada lima buah gunung yang bisa disaksikan melalui teropong yang ada, yaitu Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Merapi. Satu lagi teropong disediakan di Gardu Pandang yang jelas bisa digunakan untuk mengagumi keindahan alam sekitar.

4. Air Terjun Montel Kabupaten Kudus

Air Terjun Montel Kabupaten Kudus (Godamkharisma)

Lokasi wisata ini, apabila dari Makam Sunan Muria, adalah tidak jauh berada tepat di sebelah utaranya. Selain air terjun dan pemandangan alam yang bisa disaksikan, di sana ada berbagai kios yang menjajakan souvenir bagi para wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong. Selain itu juga di sana ada warung makan yang akan membantu Anda mengisi tenaga setelah berjalan-jalan mengelilingi area air terjun ini. Hanya dengan membayar Rp 5 ribu, setiap pengunjung bisa secara bebas mengagumi satu lagi ciptaan Tuhan yang indah tersebut sehingga tak heran jika tempat wisata air terjun ini banyak di datangi dan di sukai bagi para pengunjung wisatawan untuk melepas kejenuhan setelah lama beraktifitas.

5. Rafting Sungai Progo Atas

Rafting Sungai Progo Atas (WisataMurah)

Aliran sungainya memiliki panjang 12 km. Ini adalah salah satu lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah. Saat melakukan rafting di Sungai Progo Atas kita membutuhkan waktu sekitar 2,5 sampai dengan 3 jam. Ada beberapa rute arung jeram di Sungai Progo yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Alamat : Perumahan Griya Tok Songo, Magelang. Melakukan rafting ini adalah sebagian cara untuk menghilangkan stres karea kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Sangat cocok untuk mencobanya bersama teman-teman untuk sekedar berekreasi yang berbeda dari biasanya.

6. Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen

Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen (Republika)

Hobi meneliti sejarah karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, terutama tentang kehidupan manusia purba?Museum Purbakala yang satu ini sangat disarankan untuk anda kunjungi. Alasan mengapa Sangiran menjadi salah satu obyek wisata Jawa Tengah yang perlu didatangi adalah karena inilah situs terlengkap di Asia tentang arkeologi manusia purba, tidak hanya informasi saja yang komplit, tapi juga fasilitasnya yang akan memuaskan setiap wisatawan yang berkunjung. Obyek wisata ini sangat keren karena UNESCO sendiri telah menyatakan Sangiran sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia.

Jadi, untuk menambah pengalaman liburan yang seru sekaligus menambah pengetahuan, Jawa Tengah merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat menjadi destinasi Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers