Lokasi Wisata Ini Rusak Karena Sampah!

0

Beepdo.com, Jakarta – Sedih dan geram. Wisatawan masih suka buang sampah sembarangan!

Meski terkadang jumlahnya hanya satu, tapi apa jadinya jika terlihat oleh turis mancanegara? Atau sampah itu menjadi bertambah banyak. Tentu bikin ilfeel.

Bahkan, beberapa tempat wisata ini rusak gegara ulah pengunjung yang buang sampah sembarangan. Simak, tempat wisata apa saja yang rusak akibat ulah kamu yang suka menyampah itu:

1. Pulau Sempu, Malang

Sampah di Pulau Sempu (Tanjungyanugroho)

Awalnya lokasi wisata ini termasuk kawasan cagar alam yang tidak terjamah. Namun semenjak para pelancong berdatangan, lokasi ini jadi penuh dengan tumpukan sampah plastik, botol, dan sisa makanan.

2. Gunung Gede, Jawa Barat

Gunungan sampah di Gunung Gede, Jawa Barat (Platechno)

Lokasi yang menjadi salah satu favorit para pendaki ini juga jadi korban ulah manusia. Para pendaki yang seharusnya menghormati alam, malah mengotorinya dengan sampah.

3. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Sampah di Ranu Kumbolo, Jawa Timur (Ahimsadenhasafrizal)

Keindahan danau di Gunung Semeru ini tercoreng karena tumpukan sampah di sekitarnya. Para pendaki yang tak bertanggung jawab dengan sengaja membuang sampah-sampah yang mereka hasilkan di sekitar danau.

4. Pulau Tidung, DKI Jakarta

Sampah di Pulau Tidung, DKI Jakarta (Kompas)

Pulau ini menjadi tidak menarik untuk berfoto, bukan? Ya, pulau ini dirusak oleh para wisatawan yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan.

5. Pantai Kuta, Bali

Sampah rusak pemandangan di Pantai Kuta, Bali (PemburuOmbak)

Pantai yang terkenal ini pun turut terkena dampak kebiasaan buang sampah sembarangan. Wisatawan asing mengeluhkan kantong plastik, kaleng, potongan kayu, dan kertas yang menghiasi bibir pantai.

6. Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur

Banjir sampah di Kebun Binatang Surabaya (KBS) (BicaraSurabaya)

Pada 1 Januari 2017 lalu, pengunjung membludak, beramai-ramai untuk tamasya. Mengajak seanak saudara, sama-sama melihat tingkah lucu satwa-satwa. Tapi, sampah yang bertebaran pun tidak kalah membludaknya!

7. Kota Labuan Bajo dan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) di NTT

Sampah di Labuan Bajo (Dawainusa)

Masalah sampah di Labuan Bajo mulai meningkat sejak empat tahun lalu. Hal ini akibat pertumbuhan pesat yang tak sebanding dengan kemampuan kota tersebut, salah satunya karena melonjaknya jumlah wisatawan.

8. Perairan Nusa Penida, Bali

Penyelam Inggris Temukan Banyak Sampah Plastik Mengambang di Perairan Nusa Penida (Okezone)

Sampah mengepung perairan Nusa Penida, Bali. Kabar itu tersebar di media sosial berupa video yang diupload oleh seorang penyelam Inggris, Rich Horner. Dalam video yang disebar lewat internet, Rich tampak berenang dan menyelam dengan ditemani oleh sampah-sampah plastik.

Itulah 8 tempat wisata yang rusak karena sampah. Soal sampah juga tak bisa dibilang remeh. Melemparkan sampah hanya ke tempat sampah belum juga jadi budaya. Sampah seperti sah-sah saja diletakkan di pojokan, bersama tumpukan sampah yang terlebih dulu tercipta. Apalagi mengantongi dulu bungkus makanan sebelum menemukan tempat sampah. Langka. Yuk, budayakan buang sampah pada tempatnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers