10 Jenis Durian Indonesia Yang Harus Kamu Tahu! Nomor 6 Paling Unik

0

Beepdo.com, JakartaDurian dianggap sebagai “King of Fruit” atau rajanya buah. Hal ini dikarenakan baunya yang khas dan menyengat. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara tempat asal durian karena mempunyai banyak varietas, baik durian yang sudah dibudidayakan dan komersil maupun durian hutan yang kurang komersil.

Jenis durian di Indonesia memang sangat banyak dan beragam, bagi anda pecinta dan hobi makan durian atau yang sekedar ingin mencicipi lezatnya buah durian, berikut beberapa jenis buah durian yang ada di Indonesia:

1. Durian Monthong

Durian Montong (Bukalapak)

Buah ini juga terkenal dengan harganya yang mahal, namun sesuai dengan kelezatan yang didapatkan. Ciri-ciri Durian Monthong antara lain durinya besar, buahnya terlihat menonjol dan ukurannya besar, bentuk buahnya bervariasi mulai bulat panjang sampai hamper persegi, jika sudah siap petik bobotnya bisa mencapai 13 kg, dan banyak disukai petani durian karena mampu berproduksi pada usia 4-5 tahun sejak di tanam.

2. Durian Petruk

Durian Petruk (BibitDurian)

Durian dengan nama latin Durio Zybethinus Kultivar ini merupakan buah asli Jepara, Jawa Tengah. Durian Petruk memiliki rasa yang khas dan unik, yaitu setengah manis dan setengah pahit, jadi seperti terdapat rasa pahit yang tersembunyi dalam rasa manisnya. Aromanya cukup tajam namun tidak setajam Durian Monthong. Ciri-ciri dari durian ini antara lain bentuk yang lonjong berwarna hijau kekuningan, duri kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat, daging buah agak tebal, berwarna kuning, bertekstur agak lembek, berserat halus dan bijinya kecil.

3. Durian Bokor

Durian Bokor (Bukalapak)

Durian Bokor atau yang biasa disebut Durian Aden ini berasal dari Majalengka, Jawa Barat. Durian ini memiliki buah yang besar, berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan dengan berat mencapai 3-4 kg. Durian ini memiliki daging yang sedikit tebal berwarna kuning muda dan bertekstur halus, rasanya sangat manis dan aromanya juga harum.

4. Durian Bawor

Durian Bawor (MasFikr)

Durian Bawor berasal dari daerah Banyumas. Durian ini merupakan memiliki kemiripan dengan Durian Monthong, sehingga biasa disebut Durian Monthongnya Banyumas. Jadi hati-hati jika anda akan membeli Durian Monthong, agar tidak tertipu dengan mendapat Durian Bawor.
Ciri-ciri Durian Bawor antara lain memiliki daging buah tebal dan berwarna orange, rasa yang manis, serta bijinya kecil. Durian Bawor sudah bisa berbuah di usia 3-4,5 tahun dan dalam satu tahun bisa panen sebanyak 3 kali.

5. Durian Candimulyo

Durian Candimulyo (Bukalapak)

Durian Candimulyo biasa dikenal dengan nama Durian Candy ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khas dari durian ini adalah ukurannya lumayan besar dan biji buahnya kecil. Rasa dari Durian Candimulyo ini adalah percampuran antara rasa manis dan sedikit rasa pahit atau getir.

6. Durian Pelangi

Durian Pelangi (Khasiat)

Durian Pelangi berasal dari Manokwari, Papua Barat. Durian ini memiliki keunikan di warna dagingnya yaitu perpaduan antara merah muda, merah tua dan krem dengan semburat hijau di sudut pongge. Durian Pelangi memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur lembut tapi lengket.

7. Durian Tembaga

Durian Tembaga (Khasiat)

Durian yang memiliki nama latin Durio zibethinus ini berasal dari Kabupaten Kampar, Riau. Durian ini memiliki banyak sekali penggemar karena karakteristiknya yang menarik. Ciri-ciri Durian Tembaga antara lain memiliki bentuk buah bulat sempurna dengan duri berbentuk lancip dan rapat, daging buah berwarna kuning pekat sepeti tembaga, berlemak, dagingnya bertekstur halus. Selain itu, aromanya sangat harum dan rasanya sangat manis.

8. Durian Matahari

Durian Matahari (Urbanina)

Durian Matahri berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Durian ini memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan, durinya besar-besar, jarang dan runcing. Daging buahnya tebal, tekstur halus, kering dan berlemak. Aroma tidak terlalu tajam dan rasanya manis. Jenis durian ini tidak tahan terhadap serangan hama penggerek dan juga penyakit busuk akar.

9. Durian Mimang

Durian Mimang (Khasiat)

Durian Mimang berasal dari Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian ini berbentuk lonjong dan kecil, kulitnya berwarna hijau kekuningan dan terkesan kempes. Durian Mimang memiliki daging tebal berwarna kuning, agak berserat dan mempunyai rasa yang manis dengan sedikit rasa alkohol. Aromanya juga sangat harum dan sangat tajam sehingga menjadikan durian ini gampang di kenali.

10. Durian Merah

Durian Merah (Jualo)

Durian yang memiliki nama latin Durio graveolens ini berasal dari Banyuwangi dan banyak di jumpai di desa Kamiren. Durian Merah menjadi durian unggulan di Jawa Timur, khususnya Banyuwangi. Durian ini memiliki keunikan yaitu dagingnya berwarna merah, berbeda dengan durian-durian biasanya yang berwarna putih atau kuning. Ciri-ciri lain dari Durian Merah ini adalah daging buahnya lebih tebal, kadar alkoholnya rendah, aroma buahnya menyengat dan rasanya legit, gurih dan sangat manis. Durian ini memiliki warna kulit yang sama dengan kebanyakan durian lain yaitu kuning namun biasanya berukuran lebih kecil dari durian lain.

Bagaimana, sudah pernah mencoba semua varietas durian dari Indonesia ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers