Mahfud MD: Pancasila untuk Menangkal Serangan Berita Hoaks

0

Beepdo.com, Jakarta Mantan Presiden Republik Indonesia ketiga BJ Habibie, beberapa waktu lalu sempat dikabarkan meninggal dunia. Dan itulah salah satu berita hoaks yang paling menarik perhatian masyarakat dunia maya belum lama ini. Bagaimana caranya menangkan serangan berita hoaks? Kembalilah ke Pancasila.

Tak hanya soal meninggalnya BJ Habibie, tentunya masih banyak berita hoaks yang telah beredar dan membuat resah publik. Apalagi jika berita hoaks tersebut sempat dipercaya oleh masyarakat Indonesia, tentunya akan sangat merugikan, entah itu merugikan diri sendiri atau pun orang lain.

Mahfud MD: Pancasila untuk Menangkal Serangan Berita Hoaks. (Foto: Jabarnews)

 

Ternyata maraknya berita hoaks juga menarik perhatian Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Dalam talk show di Universitas Mataram, Sabtu (7/4/2018), Mahfud MD menjelaskan Pancasila bisa menangkal serangan hoaks yang saat ini sering kali menyerang masyarakat Indonesia.

“Kita sebagai orang berpancasila mengambil manfaat dari keterbukaan informasi untuk tidak menyebarkan hoaks,” jelas Mahfud MD. “Jika kita menyebarkan berita atau informasi hoaks hukumannya bisa enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar,” tambah Mahfud. Menurut Mahfud MD, Pancasila merupakan pijakan paling utama yang harus dijaga oleh masyarakat Indonesia.

Ketika Pancasila menjadi landasan, maka persatuan bangsa Indonesia akan terjaga. “Pancasila menjadi kesadaram filsafat hukum dan sumber kesadaran berbangsa dan bernegara,” jelas Mahfud MD.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers