UNBK SMA 2018 di Jawa Tengah, 25 Sekolah Belum Bisa Melaksanakan UNBK

0

Beepdo.com, Jakarta UNBK SMA 2018 atau Ujian Nasional (UN) berbasis komputer dilaksanakan pada 9 April hingga 12 April 2018. Dilansir dari Antara, Kemdikbud mencatat, sudah 91 persen atau sebanyak 1.812.565 peserta didik yang menempuh UN berbasis komputer atau UNBK tahun ini.

Namun ternyata belum semua sekolah dapat menyelenggarakan UNBK, seperti yang terjadi di Provinsi Jawa Tengah. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah menjelaskan kalau masih ada 25 sekolah yang tersebar di empat kabupaten yang belum dapat melaksanakan UNBK.

“Masih ada 25 sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Jumlahnya ada 1.474 siswa,” jelas Kepala Disdikbud Jateng Gatot Bambang Hastowo di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Senin (9.4.2018).

Ada beberapa kabupaten di Jawa tengah yang belum dapat melaksanakan UNBK 100 persen, yakni Kabupaten Demak, Kabupaten Semarang, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Purworejo. Ada solusi yang sebenarnya dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah sekolah yang belum memiliki perangkat komputer.

UNBK SMA 2018 di Jawa Tengah, 25 Sekolah Belum Bisa Melaksanakan UNBK. (Foto: JT Pedia)

 

Sekolah yang belum memiliki perangkat komputer dapat meminjam ke sekolah lain untuk melaksanakan UNBK. Tapi, letak dari sekolah yang satu ke sekolah yang lainnya memang berjauhan, sehingga hal tersebut sulit dilakukan.

“Misalnya, sekolah menengah kejuruan (SMK) ‘kan sudah melaksanakan UNBK kemarin. Sebenarnya, SMA yang belum punya komputer yang memadai bisa meminjam ke SMK itu,” katanya memaparkan.

Namun, kata dia, sebanyak 25 sekolah yang belum memiliki perangkat komputer yang memadai itu letaknya terlalu jauh dengan sekolah lain yang bisa dipinjam komputernya untuk UNBK. Tapi, pihaknya memastikan penyelenggaraan UNKP akan berlangsung dengan lancar, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, termasuk UNBK SMA yang berlangsung mulai 9 hingga 12 April 2018.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers