Mengunjungi Moulay Idriss, Kota ‘Suci’ di Maroko

0

Beepdo.com, Jakarta – Kalau kamu pernah belajar tentang sejarah Islam, pasti udah gak asing lagi sama yang namanya Moulay Idriss I. Dia adalah cicit Nabi Muhammad SAW yang pertama kali mendirikan dinasti Muslim Arab di Maroko. Orang Maroko percaya kalau mengunjungi Moulay Idriss 5 kali, pahala yang didapat sama aja dengan pergi haji ke Mekah.

Sebelum tahun 1916, kota suci ini cuma memperbolehkan muslim untuk dateng, tapi sekarang siapa pun boleh mampir. Ada banyak banget tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kota yang dikelilingi sama perbukitan ini. Mulai dari monumen bersejarah, air mancur super cantik, masjid-masjid yang usianya udah ratusan tahun, makam Moulay Idriss I, sampai perkebunan anggur, pohon cemara, zaitun, dan kurma.

Moulay Idriss, Maroko (TravelJungkies)

Sedikit sejarah tentang Idriss bin Abdullah (Moulay Idriss I) sampai di Volubilis, kota Romawi Kuno di utara Maroko pada tahun 788 masehi. Ia melarikan diri dari Suriah setelah keturunan Ali dikalahkan oleh Abbasid. Idriss I adalah cucu dari Hasan, putera Ali sekaligus cucu Rasulullah SAW.

Volubilis (WIkipedia)

Saat itu Volubilis didiami oleh suku Berber Awraba. Hingga kematian beliau di tahun 791 masehi, sebagian besar wilayah Maroko Utara serta kota Tlemcen (sekarang Aljazair) berhasil ditaklukkan. Maroko menjadi negara Islam kedua setelah Al-Andalus yang memisahkan diri dari kekhalifahan Abbasid.

Moulay Idriss, Maroko (PusatInformasiTempatWisata)

Volubilis, kota Romawi kuno dimana Idriss I diterima oleh penduduk suku Berber, juga tempat lahir dan dibesarkannya Moulay Idriss II, kini telah menjadi puing. Hanya sisa-sisa bebatuan di situs bersejarah ini.

Pintu masuk masjid sekaligus makam Idriss I berupa lorong di antara pertokoan dan sebuah bangunan. Di tengah-tengahnya adalah sebuah air mancur. Beberapa orang mengambil air dari pancuran, memasukkan ke dalam botol.

Mausoleum Moulay Idriss (Flickr)

Makam Moulay Idriss I terletak di salah satu ruangan. Gampang dikenali sebab paling ramai. Makam besar dan indah ini tertutup oleh kain hijau. Bagian atasnya berbentuk seperti empat menara, dua tinggi, dua lebih rendah berwarna merah dan hijau, bertuliskan kalimat-kalimat berbahasa arab. Tertarik untuk datang ke sini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers