5 Macam Sate, Nomor 1 Dan 2 Bukan Dari Indonesia

0

Beepdo.com, Jakarta – Dikutip dari greatnessindonesia.com, sate diperkirakan muncul dari pedagang jalanan yang berada di sekitar Jawa pada abad ke-19. Faktanya, sate mulai populer pada abad itu bersamaan dengan pedagang Arab, Gujarat India dan pedagang muslim lainnya yang datang ke pulau Jawa.

Awalnya, masyarakat Indonesia memasak daging dengan cara direbus. Tapi setelah mengenal kebab yang merupakan masakan khas Timur Tengah, masyarakat Indonesia pun suka makan daging sapi atau kambing dengan cara dibakar. Hal inilah menjadi awal mula sate sebagai makanan favorite masyarakat Indonesia kala itu. Kata sate pun diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai yang artinya daging.

Sate berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sate yang khas. Nah, pada abad 19, sate menyebar hingga ke wilayah Afrika Selatan, di negara ini sate disebut dengan sosatie. Di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sate juga banyak ditemui, tidak lain karena para perantau dari Jawa banyak berjualan sate di sana.

Di bawah ini adalah beberapa jenis sate, baik dari Indonesia maupun luar negeri yang wajib kamu cobain:

1. Brochette

Brochette (TheFrenchPaleo)

Brochette adalah kebab ayam mini yang dimasak atas arang. Daging ayam pada makanan ini sebelum dimasak dilumuri dulu dengan garam dan rempah-rempah seperti merica dan jinten. Setelah dibumbui, daging ditusuk seperti sate dan dibakar. Brochette disajikan dengan khobz (roti kering), harissa (saus lada merah), bawang merah, jinten dan garam.

2. Yakitori

Yakitori (JessPryles)

Yakitori adalah masakan berbahan baku daging ayam yang ditusuk dengan tusuk sate. Kemudian dinikmati dengan bumbu dasar kecap asin dengan tambahan saus manis pedas (tare), atau dengan bumbu garam sederhana saja. Bagian dari ayam yang digunakan juga bermacam-macam.

3. Sate Padang

Sate Padang (PegiPegi)

Kata siapa kuliner khas Padang yang terkenal cuman rendang dan dendeng balado.sate padang juga terkenal, lho. Tak ada bedanya dengan sate lain, sate Padang juga menggunakan daging sapi, kambing atau ayam. Hanya saja kuah dari sate ini, pakai kuah rendang yang khas dengan warna kemerahan nya. Sate ini disajikan dengan lontong.

3. Sate Madura

Sate Madura (PortalBeritaBisnisMedia)

Dari sekian banyak jenis sate mungkin sate Madura lah yang bisa dibilang paling terkenal. Ya, sebab dimana-mana ada orang yang jual sate madura. Sate ini disajikan dengan lontong yang disiram dengan bumbu kacang. Kebanyakan daging yang digunakan adalah daging ayam dan sapi.

5. Sate Lilit

Sate Lilit (ResepHariIni)

Sate lilit adalah sate yang khas dari wilayah Bali. Sate lilit kebanyakan dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dililitkan di tusukan sate yang terbuat dari bambu. Beda banget yah, dengan sate lainnya yang menggunakan lidi dari bambu.

Itulah 5 sate macam yang lezat. Kamu suka yang mana?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers