Dari Bakso Hingga Sate, Ini Asal Usul Makanan Yang Populer di Indonesia

0

Beepdo.com, Jakarta – Makanan Indonesia sangat beragam. Namun, ternyata di balik nama-nama makanan Indonesia yang terkenal kelezatannya itu, ada sejarah yang cukup unik. Tahu kah kamu asal usul dari makanan khas Indonesia ini?

Berikut adalah beberapa asal usul nama makanan Indonesia, seperti dilansir Beepdo.com dari berbagai sumber.

1. Gudeg Jogja

Gudeg (DiasporaIqbal)

Di sebuah sudut kota Yogyakarta pada jaman penjajahan Inggris tinggallah seorang warga negara Inggris yang tinggal di Indonesia dan memiliki istri seorang perempuan Jawa. Warga negara Inggris tersebut memanggil istrinya dengan sebutan “dek” karena memang panggilan “dek” sudah menjadi tradisi di Jawa untuk memanggil istri.

Pada suatu hari ketika sang suami sedang pergi bekerja sang istri bingung ingin memasak apa. Akhirnya dia teringat resep turun-temurun keluarganya yang menggunakan bahan dari nangka muda. Setelah sang suami memakan makanan itu, sang suami berkata agak keras “good dek..” “it’s good dek” dengan ekspresi senang.

Sang istri terkejut dan mulai menceritakan ke tetangga dan teman-temannya kalau sang suami senang sekali dimasakkan resep turun-temurun itu dan setiap kali selesai makan-makanan itu dia selalu bilang “good dek” dan dari situlah makanan itu mulai disebut Gudeg sebagai metomorfosis dari kata “good dek”.

2. Ketoprak

Ketoprak (YouTube)

Dahulu kala di Jawa Tengah, seorang lelaki penggemar kuliner mencoba membuat makanan baru. Bahan makanan itu terdiri dari ketupat, toge, bihun, bawang putih, cabe, kacang tanah. Setelah selesai membuat makanan baru itu, lelaki tadi masih kebingungan mencarikan nama yang menarik untuk jenis makanannya yang baru ia ciptakan. Sambil membawa makanan yang siap dihidangkan dan hendak diletakkan di meja makan, tiba-tiba piring makanan siap saji itu terlepas sehingga mengeluarkan bunyi ‘ketuprak. Dari situlah kemudian dia menamakan makanan ini ketoprak.

3. Bakso

Baso setan di Bakso Setan Jelambar (TummyTeaser)

Bakso berasal dari seni kuliner Tionghoa di awal abad ke 17. Dalam bahasa Kokkian, Bak = Babi dan So = Makanan, jadi awalnya bakso diartikan sebagai makanan dari daging babi. Karena masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, bakso yang diolah dari daging babi kemudian diganti menjadi daging sapi, ayam atau ikan.

4. Sate

Sate Madura (PortalBeritaBisnisMedia)

Kata sate diduga berasal dari bahasa Tamil. Selain itu, menurut catatan sejarah sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Teori lain mengatakan bahwa asal kata sate berasal dari istilah Minnan-Tionghoa sa tae bak, yang berarti tiga potong daging.

5. Pecel

Pecel (ResepYummy)

Menurut Babad Tanah Jawi, pecel asal muasalnya diceriterakan dihidangkan di daerah Yogyakarta. Dipecel berarti daun daunan yang direbus kemudian dibuang airnya dengan diperas.

Dalam Babad Tanah Jawi diceritakan pada saat tengah hari Sunan Kalijaga bertemu dengan Ki Gede Pamanahan di pinggir sungai. Ki Gede Pamanahan menghidangkan sepiring sayuran sambel pecel dan nasi serta lauk pauk yg lain. Sunan Kalijaga kemudian bertanya “Hidangan apa ini?” Maka dijawab oleh Ki Gede Pamanahan, “Puniko ron ingkang dipun pecel,” yang berarti “Ini adalah dedaunan yang direbus dan diperas airnya”.

Itulah cerita tentang asal usul makanan khas Indonesia yang unik. Mungkin kalian tahu asal usul makanan favorite kalian, coba ceritain!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers