Danau Batu Bacan, Lokasi Selfie Yang Ciamik

0

Beepdo.com, Jakarta – Obyek Wisata Danau Batu Bacan di Bojong, Sukabumi, Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Danau Hijau merupakan sebutan lain untuk danau ini. Cekungan ini sebenarnya bukanlah danau alami. Melainkan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi dengan air hujan.

Danau Batu Bacan (BeritaKawasam)

Lantas kenapa air di dalamnya berubah warna menjadi hijau? Tenang, tidak ada sangkut pautnya dengan hal magis. Hal ini di sebabkan oleh cekungan atau ceruk di bawah “Danau Bacan” ini terbuat dari batu berwarna hijau. Dengan bantuan sinar matahari, maka air yang berada di dalamnya seolah olah berwarna hijau, padahal sebenarnya hanya lantai danau inilah yang berwarna hijau.

Pemilik lahan yang bernama Fariz Nugraha mengaku kaget dan tidak setuju jika lahan tambang pribadi milik keluarganya itu ingin di jadikan lokasi wisata. Ia mengatakan peneliti IPB menyatakan bahwa lokasi tambang ini masih memiliki cadangan zeolit yang cukup hingga 50 tahun ke depan.

Fariz juga mengaku kurang senang apabila lahan seluas kurang 1 hektar miliknya itu dikunjungi para wisatawan. Alasannya adalah keselamatan dari para pengunjung yang bisa saja di pertaruhkan. Wajar saja, lahan galian tambang ini di khawatirkan dapat longsor setiap saat, sehingga bisa menimbulkan korban jiwa ke depannya.

Danau Batu Bacan (Hobiholiday)

Beberapa sumber dari media sosial seperti facebook dan instagram yang sudah mengunjungi lokasi ini menyatakan bahwa air danau berasal dari celah di dasar danau. Hal yang satu ini juga langsung di bantah dan di jelaskan olehnya. Menurut Fariz Nugraha, air yang berada dalam lubang bekas galian itu berasal langsung dari air hujan. Tidak ada mata air ataupun celah di dalam lubang galian mereka yang mengeluarkan air. Tidak ada hal yang istimewa sebenarnya dari danau atau lubang galian ini tegasnya.

Namun, sebagian dari pengunjung bahkan menyandingkan Danau Batu Bacan dengan keindahan Ranukumbolo di Gunung Semeru. Salah satu pemicu membludaknya pengunjung di areal ini adalah hal tersebut dan rasa penasaran dari para pencinta tempat liburan alam yang sekarang tengah digandrungi.

Untuk mencapai lokasi Danau Bacan, Anda bisa melewati tol JORR dari Jakarta, kemudian keluar di Ciawi. Setelah itu, Anda tinggal mengambil jalur lurus ke arah kabupaten Sukabumi. Tapi jika Anda datang di akhir pekan maupun libur panjang, Anda sebaiknya mengambil jalan keluar tol di Bogor, kemudian menuju Ciawi melalui Tajur untuk menghindari kemacetan.

Danau Batu Bacan (IndahSore)

Semenjak kepopuleran dadakan dari Danau Batu Bacan ini mencuat, sebagian warga sudah mulai memanfaatkannya untuk mengais rupiah. Pedagang makanan dan minuman ringan serta aksesoris di sekitarnya. Seperti yang telah di sebutkan, karena ini bukanlah lokasi wisata, maka Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Tapi ada beberapa warga yang mengelola parkir di sini demi keamanan kendaraan Anda. Cukup membayar Rp. 2.000,0 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers