5 Jenis Kopi Asli Indonesia, Nomor 3 Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

0

Beepdo.com, JakartaKopi merupakan salah komoditas unggulan Indonesia. Tanaman kopi tersebar mulai dari Aceh hingga Papua. Uniknya, setiap daerah juga memiliki ciri khas masing-masing.

Penasaran kopi apa saja yang ada di Indonesia, namun jarang kamu temui di pasar? Berikut ulasannya.

1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani (Bukalapak)

Di daerah Kintamani, Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas berbeda dari yang lain. Kopi disini bercita rasa sedikit asam bercampur dengan rasa segar. Sungguh, cita rasa yang unik. Hal itu di sebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpang sari.

2. Kopi Flores

Kopi Flores (JobLike)

Kopi khas flores terdapat di dataran Ngada di Nusa Tenggara Timur. Di sini, kopi tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi. Adapun jenis kopi Flores adalah Arabica. Aroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya adalah ciri khasnya.

3. Kopi Lanang

Kopi Lanang (Kompas)

Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena pada biji kopi lanang ini berbentuk bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kata “lanang” merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.” Kopi ini bahkan dipercaya dapat menambah vitalitas pria. Maka, tak heran jika kopi ini harganya lebih mahal dari kopi lainnya. Bahkan hingga Rp 1 juta per kilogram. Kopi lanang memiliki rasa yang lebih lembut, teksturnya padat, aromanya mirip-mirip kopi luwak, kafeinnya lebih tinggi 2,1% dari kopi biasa.

4. Kopi Wamena

Kopi Wamena (KopiPapua)

Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan Wamena, Papua. Mempunyai aroma yang ringan dan berciri khas harum di setiap biji kopinya adalah karakter kopi ini. Para petani di wamena masih menggunakan bahan-bahan organic untuk tanaman biji kopi mereka. Jadi akan terasa kopi yang original, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah.

5. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang (MinumKopi)

Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara. Karena kualitasnya yang tinggi kopi Sidikalang ini menjadi pesaing utama dari kopi Brazil. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus di antara jenis kopi dunia.

Itulah jenis-jenis kopi dari berbagai tempat di indonesia. Menikmati kopi sambil bercengkrama di sore hari tentunya akan mengakrabkan jalinan persaudaraanmu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
348Followers
710kSubscribers
90.2kFollowers