Mengenal Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Konon Dibangun Hanya Dalam Satu Malam

0

Beepdo.com, JakartaMasjid Agung Sang Cipta Rasa atau biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan, merupakan salah satu masjid tua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Masjid ini termasuk tempat ibadah ummat Islam tertua di Cirebon, sekaligus menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawa dan Indonesia.

Masjid yang berada di Jalan. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat Banyak ini menyimpan banyak kisah unik. Konon, masjid ini hanya dibangun dalam semalam. Mustahil? Tidak juga. Jika melihat sejarahnya, yang pertama dibangun adalah bangunan utamanya dengan tiang-tiang besar yang disetel dengan pasak, tanpa paku.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (WisataCirebon)

Semua warga Cirebon mengenal kisah ini dan tertuang pula dalam buku sejarah Babad Tanah Cirebon. Sunan Kalijaga yang menjadi arsiteknya memimpin pembangunan masjid sejak maghrib sampai subuh datang menjelang.

Sejarah mencatat, masjid ini dibangun pada tahun 1489. Bangunan masjid ini dibangun tanpa menara, beratap limas dan tanpa hiasan di ujungnya. Bangunan utama dari bata dan berdinding merah, dengan perluasan teras ke segala sisinya. Atap di bagian pelataran dibuat cukup rendah seperti rumah Joglo. Ada tempat berwudhu tradisional berupa bak bulat dan kendi besar berisi air.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Nasionalisme)

Fitur unik masjid ini adalah pintu masuk ke bangunan utamanya yang teramat kecil. Orang dewasa harus membungkuk masuk. Rupanya, pintu ini mengandung filosofi penghormatan (membungkuk-red) untuk masuk ke masjid yang menjadi rumah Allah. Di dalam ruangan utama banyak tiang-tiang kayu yang ditopang dengan konstruksi besi modern sebagai upaya konservasi bangunan bersejarah.

Mimbar salat Jumat berupa singgasana kayu yang antik. Tempat imam salat berupa batu putih dengan ornamen bunga teratai, dekorasinya seperti akulturasi dengan budaya Hindu. Pada saf pertama dan saf terakhir masing-masing memiliki sekat berdinding kayu berukuran 2×2 meter untuk tempat salat keluarga keraton.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (DuniaMasjid)

Salah satu tiang yang terkenal di masjid ini disebut Saka Tatal, di sudut selatan teras masjid yang asli. Bisa dibilang ini adalah ciri khas Sunan Kalijaga dalam membangun masjidnya. Dia menyambung potongan-potongan tiang (tatal-red) dan mengikatnya dengan lempeng besi menjadi satu tiang baru. Saka Tatal mengandung filosofi persatuan bangsa.

Tempat wudhu Masjid Agung Sang Cipta Rasa (IndonesiaKaya)

Satu lagi keunikan masjid ini adalah tradisi Adzan Pitu atau Adzan Tujuh pada Salat Jumat. Adzan Salat Jumat di masjid ini dilantunkan oleh tujuh orang sekaligus. Jangan lewatkan adzan keren ini, kalau Anda berwisata ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers