Mencari Jejak Isra’ Mi’raj di Masjid Al-Aqsa

0

Beepdo.com, Jakarta – Peristiwa Isra’ Mi’raj yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab sangat penting bagi ummat Islam. Membicarakan maha dahsyat ini tentu tidak akan terlepas dari Masjid Al-Aqsa. Umat muslim percaya, di masjid Al-Aqsa inilah Rasullah naik ke surga untuk menerima perintah shalat lima waktu langsung dari Allah.

Masjid Al-Aqsa terletak di kota Yerusalem. Hingga kini, kepemilikian teritori berkenaan dengan kota Yerusalem ini masih menjadi perdebatan. Apakah masuk dalam wilayah Israel atau Palestina.

Masjid-al-Aqsa (Mountainpeaks)

Ada beberapa fakta menarik yang wajib kamu tentang masjid Al-Aqsa ini. Di kompek masjid Al Aqsa ini ternyata tidak hanya berupa satu masjid. Kadang orang beranggapan masjid Al-Aqsa sebagai bangunan yang ada di paling selatan. Padahal, itu adalah masjib Qibly. Di dalamnya juga terdapat masjid Buraq, Masjid Marwani, dan beberapa masjid lainnya.

Di masjid ini juga terdapat makam. Memang tidak diketahui berapa banyak Nabi dan sahabat Nabi yang dikebumikan. Makam Nabi Sulaiman menjadi salah satu Nabi yang diduga ada di masjid Al-Aqsa.

Masjid Al Aqsa (Publico)

Mirisnya, pada masa para Yahudi tidak boleh memasuki kota, orang-orang Roma menjadikan area masjid ini sebagai tempat pembuangan sampah. Saat Umar bin Khatab, sahabat Rasulullah, berhasil menduduki Yerusalem, beliau membersihkan sampah-sampah itu dan mengundang 70 keluarga untuk kembali ke kota.

Tak hanya itu, saat perang salib berlangsung, pasukan Nasrani menemukan sebagian besar populasi muslim berlindung di masjid Al-Aqsa. Setelah pasukan Nasrani mengubah fungsi Masjid Qibla menjadi istana, Kubah Shakhrah menjadi gereja, dan ruangan bawah tanah menjadi kandang kuda. Kubah Shakhrah adalah kubah pertama yang pernah dibangun dalam sejarah Islam. Awalnya kubah ini terbuat dari kayu namun, pada masa Ottoman terjadi pemugaran dengan menambahkan lapisan emas.

Nooruddin Zengi, salah satu pahlawan ternama dalam Islam mempunyai mimbar khusus yang terletak di masjid Al-Aqsa. Tidak hanya indah, mimbar ini dibuat tanpa paku satu pun.

Masjid Al Aqsa (IslamiCity)

Karena berada di wilayah konflik tentu saja tidak dapat terelakkan kalau keadaan sekitar masjid Al-Aqsa tidak sepenuhnya aman. Bombardir yang dilakukan kedua pihak menyebabkan terbakarnya masjid Al-Aqsa. Peristiwa pahit itu terjadi pada tahun 1968. Pembakaran Masjid al Aqsha kala itu dilakukan oleh Denis Michael Rohan, seorang ekstremis Kristen dari Australia.

Sedikit informasi, Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Dalam perjalanan bertemu Sang Pencipta, selain ditemani malaikat Jibril, Rasullulah mengendarai Buraaq, yakni hewan putih panjang, berbadan besar melebihi keledai dan bersayap. Dikisahkan Buraaq, sekali melangkah bisa menempuh perjalanan sejauh mata memandang dalam sekejap untuk melewati 7 langit dan bertemu dengan para penghuni di setiap tingkatan.

Ada tiga reaksi dari berbagai orang yang mendengar kesaksian Nabi Muhammad atas peristiwa ini. Pertama, langsung membenarkan tanpa keraguan sedikit pun seperti Abu Bakar. Kedua, membenarkan namun ada sedikit keraguan dalam hatinya tapi tidak berani mengungkapkannya. Dan ketiga, tidak mempercayai sama sekali, seperti Abu Jahal, yang bahkan sampai terang-terangan menyebut ini adalah cerita gila.

Masjid Al Aqsa (AlJazeera)

Inilah perjalanan bersejarah Nabi Muhammad. Sekaligus peristiwa agung bagi umat Muslim di muka bumi. Ulama al-Allamah al-Manshurfuri, mengatakan Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab pada tahun ke-10 kenabian. Dan pendapat inilah yang populer hingga kini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers