Asyik! Museum Nasional Izinkan Menginap di Museum, Begini Cara Daftarnya

0

Beepdo.com, JakartaMuseum Nasional Indonesia mengizinkan buat kalian menginap di dalam museum nih guys. Acara yang bertajuk Night at The Museum ini hanya membuka kesempatan bagi 100 orang peserta untuk menginap di museum selama satu malam.

Night at The Museum akan berlangsung pada 21-22 April 2018. Acara ini termasuk dalam rangkaian ulang tahun Museum Nasioal yang ke 240 tahun.

Brosur menginap di Musuem Nasional (TravelingYuk)

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan perjalanan panjang Bataviaasch Genootschap hingga menjadi Museum Nasional Indonesia. Sekaligus Juga mendekatkan museum dengan masyarakat, khususnya generasi muda yang dinamis, cerdas, dan diharapkan menjadikan museum sebagai ruang publik, sumber informasi sejarah serta budaya yang menyenangkan.

Selain menginap di museum, panitia juga telah menyiapkan rangkaian acara berupa lomba vlog, bedah buku, lomba melukis di atas kaos, tur museum, petunjukkan akustik, bincang santai, dan nonton bersama. Acara ini diselenggarakan berdasarkan aspirasi lebih dari 70 persen pengunjung Museum Nasional.

Koleksi Museum Nasional (Harnas)

Menariknya, kegiatan Night at The Museum tidak dipungut biaya sepeserpun. Tapi syaratnya, kamu harus berusia 17 tahun ke atas, ya guys. Jangan lupa untuk membawa sleeping bag untuk menginap di museum. Bila kamu tertarik dengan tawaran ini, segera hubungi bagian pendaftaran ke email [email protected]

Sekilas tentang Museum Nasional, cikal bakal museum ini lahir pada 24 April 1778. Saat itu, berdiri sebuah perkumpulan bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschanppen. Setelah beberapa kali mengalami perubahan selama masa pemerintahan kolonial, Museum Nasional akhirnya dikelola penuh oleh pemerintah Republik Indonesia pada 17 September 1962. Sejak 2005, museum berada di bawah pengawasan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum Nasional (IlhamFauzan)

Museum yang diklaim sebagai terbesar di Asia Tenggara ini juga dikenal dengan sebutan museum gajah. Julukan tersebut merujuk pada patung gajah perunggu sumbangan Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871, yang kemudian dipajang di bagian halaman.

Tak salah jika Museum Nasional disebut sebagai gudangnya sejarah Indonesia. Menurut laman resmi mereka, hingga kini jumlah koleksi sudah mencapai lebih dari 140.000 buah. Termasuk di dalamnya beragam arca kuno, prasasti, barang kerajinan, dan juga benda kuno lainnya. Meski demikian, hanya sepertiganya yang dipamerkan ke publik.

Museum Nasional (Kompas)

Sebagian besar benda bersejarah di Museum Nasional diperoleh dari hasil penggalian arkeolog, namun ada juga yang didapat dengan membeli atau hibah dari kolektor semasa pemerintahan Hindia Belanda. Beberapa koleksi menarik yang bisa disaksikan di sini antara lain patung Bhairawa, serta arca Budha dan Hindu tertua di Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers