Gubernur DKI: MRT Bentuk Budaya Baru, Berani Antre dan Tepat Waktu!

0

Beepdo.com, Jakarta – Impian Indonesisa untuk memiiliki Mass Rappid Transit (MRT) bakal segera terwujud. Bahkan, transportasi ini direncanakan dapat beroperasi pada Maret 2019.

Pada 4 April lalu, telah tiba 2 rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta di Pelabuhan Tanjung Priok. Fasilitas ini juga digadang-gadang akan membentuk budaya baru bagi warga ibu kota, yaitu siap antre dan tepat waktu. Karena MRT mengajak masyarakat untuk lebih disiplin dalam menggunakan transportasi umum.

Ilustrasi MRT (Themalaymailonline)

“Semua menerapkan kedisiplinan amat tinggi. Penumpang dilatih disiplin tepat waktu. MRT juga akan jadi melting pot. 1 gerbong bisa 300 orang, mulai dari orang top di perusahaan sampai support system-nya,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum lama ini.

MRT Jakarta ini ternyata dilengkapi dengan fasilitas yang berstandar internasional. Kereta MRT produksi Nippon Sharyo dari Jepang atau disebut juga Rolling Stock ini memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 29 meter, serta tinggi 3,9 meter. Beratnya sekitar 31-35 ton tanpa penumpang. Warna kereta tersebut didominasi oleh biru dan abu-abu metalik serta berbahan baja anti karat.

Untuk bagian interiornya, fasilitas tersebut mencakup penyejuk ruangan, Closed Circuit Television (CCTV), hand straps, layar informasi di setiap pintu kereta, denah rute evakuasi, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta interkom. Kursinya terbuat dari bahan fiber reinforced plastic (FRP) yang tahan lama serta nyaman digunakan.

Peta MRT Jakarta

Terdapat pula kursi prioritas dalam masing-masing rangkaian. Kursi prioritas tersebut berwarna biru gelap yang dibedakan dengan kursi reguler yang berwarna biru muda. Rangkaian ketiga dan keempat dalam setiap set memiliki spasi khusus untuk kursi roda dan dilengkapi dengan tempat untuk tas.

Sedangkan fasilitas di dalam stasiun di antaranya, ruang pertolongan pertama, ruang menyusui, toilet umum, tempat duduk, station front office untuk layanan penumpang (customer services), ticket sales office (TOM), public announcement, serta tactile untuk penyandang disabilitas. Setiap stasiun juga akan dilengkapi dengan fasilitas eskalator, elevator, dan tangga sebagai variasi akses yang dapat digunakan penumpang. Tersedia pula gerai komersial yang akan menyediakan berbagai kebutuhan penumpang.

Ilustrasi fasilitas MRT yang bertaraf internasional (theMalaymailonline)

Menariknya, desain di setiap stasiun akan berbeda sesuai dengan lokasi penempatannya. Misalnya, stasiun Bundaran HI (Hotel Indonesia) yang desainnya bernafaskan gaya hidup internasional karena lokasinya yang berada di area hotel internasional, kantor kedutaan, pusat perbelanjaan, dan tentunya Bundaran Hotel Indonesia itu sendiri. Untuk Anda yang tidak bisa lepas dari koneksi internet tidak perlu khawatir karena jaringan akan tetap stabil walaupun berada hingga 20 meter di bawah tanah.

Direktur Utama MRT William Sabandar mengatakan, proses pengerjaan hanya tinggal sedikit untuk pintu masuk stasiun dan pekerjaan rel. Menurutnya, kereta yang akan dioperasikan tanpa awak ini akan mulai di uji coba pada semester II tahun ini. Uji coba akan dilakukan langsung pada rel selama tiga bulan untuk memastikan dapat beroperasi tanpa kendala pada Maret 2019.

Ilustrasi fasilitas MRT yang bertaraf internasional (paultan)

MRT merupakan proyek yang dinanti. Kehadirannya kelak diharapkan dapat membantu mengurangi salah satu masalah terbesar ibu kota, yakni kemacetan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
346Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers