Pantai Gigi Hiu, Apa Kerennya Sih?

0

Beepdo.com, Jakarta – Pantai ini menawarkan panorama berbeda dengan pantai pada umumnya. Gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata alami di dekat bibir pantai yang sering kali diempas ombak jadi pemandangan tak biasa dan sangat fotogenik! Kalau sudah melihat dijamin terpana dengan pantai yang disebut sebagai Pantai Gigi Hiu ini.

Paling pas datang menjelang sunrise ataupun sunset karena jatuhnya mentari yang menyirami deretan karang itu membuat semuanya terlihat ciamik untuk dipotret. Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar. Nggak heran tempat ini kini jadi buah bibir dan jadi buruan baru penggemar fotografi. Di luar urusan jeprat-jepret, pantai ini juga asyik kok buat berpelesir menikmati kesunyian.

Pantai Gigi Hiu (KSMTour)

Yup, Lampung nggak cuma punya Teluk Kiluan dan Pahawang yang sudah duluan ngetop duluan, ya guys. Ada satu lagi nih yang nggak kalah “pecah”-nya, yakni Pantai Gigi Hiu. Oleh masyarakat lokal lebih dikenal sebagai Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan. Ada juga yang menyebutnya Pantai Batu Layar. Lokasi tepatnya di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kalau Trippers ke Lampung, mampir deh ke pantai ini.

Loh kenapa orang-orang menyebutnya Gigi Hiu? Apakah banyak ikan hiu mempertontonkan giginya di pantai ini? Nggak koook… Nggak ada seekor hiu-pun di sini. Namanya diambil dari bentuk batu-batu runcing yang menyerupai gigi hiu. Bentuk batu-batunya menyerupai gigi hiu di sini.

Pantai Gigi Hiu (Juliavsmpbodhisattva)

Untuk menuju ke Pantai Gigi Hiu, gampang-gampang susah sih. Karena lokasinya memang ngumpet. Yang penting sih harus siap berpetualang. Tapi seru kok. Apalagi kita akan menyisir perbukitan dengan pemandangan ciamik lautan dari ketinggian.

Dari Jakarta bisa terbang atau berkendara (plus naik feri) ke Bandar Lampung. Setelah itu ada 2 opsi. Untuk rute favorit, arahkan kendaraan langsung ke Teluk Kiluan (80 km dari Bandar Lampung). Keluar dari gerbang utama Kiluan, ada jalur menanjak di bagian kiri, ikuti aja. Dari sini tinggal 5 km lagi. Tapi jangan keburu senang dulu. Jalanannya semakin rusak. Sebaiknya sih parkir aja kendaraan di Kiluan lalu naik ojek (Rp 200.000 PP). Soalnya medannya memang sulit. Jalanan tanah bercampur batu yang bergelombang naik turun melintasi bukit itu butuh dilewati dengan ketrampilan apalagi pas musim hujan. Kalau ada apa-apa ‘kan repot. Total perjalanan sekitar 4 jam.

Rute kedua, dari Bandar Lampung arahkan kendaraan ke Padang Cermin, lalu susuri terus ke Bawang hingga Kampung Kelumbayan, desa terdekat dengan pantai ini. Rute ini sebenarnya sih nggak lebih baik. Medannya tetap berat. Kelebihannya hanyalah karena memangkas rute. Jadi tetap disarankan menggunakan jasa ojek (dari Kampung Kelumbayan) untuk melanjutkan perjalanan hingga ke pantai.

Pantai Gigi Hiu (Okezone)

Pengemudi ojek juga bisa kita jadikan penunjuk jalan. Karena letaknya memang agak tersembunyi di balik hutan kecil berupa semak belukar, jauh dari perkampungan. Jadi di sana nggak ada orang yang bisa ditanya-tanya. Aksesnya melintasi hutan itu akan berujung di satu titik buntu di mana kita harus melanjutkan dengan berjalan kaki 250-300 m atau kurang lebih 20 menit. Jadi kalau tiba kesorean harus memperhitungkan banget waktu karena nggak ada penerangan jalan. Pastikan pengojek menunggu, kalau anda nggak menginap di titik penjemputan atau buatlah kesepakatan waktu penjemputan.

Penginapan terdekat hanyalah homestay ataupun guesthouse yang tersebar di Teluk Kiluan. Makanya, tempat inilah yang paling disarankan untuk bermalam, memarkir kendaraan roda empat, mempersiapkan bekal ataupun keperluan lain. Dan sebaiknya isi perut dulu di desa terdekat, yaitu Teluk Kiluan atau Pegadungan, dan jangan lupa bawa bekal terutama air mineral yang cukup.

Pantai Gigi Hiu (LampungTraveller)

Jadi, kapan kamu berkelana ke Pantai Gigi Hiu? Penting! Jangan datang saat musim hujan, ya guuys, karena jalanan licin dan berlumpur. Perjalanan akan lebih lama dan tentunya lebih berisiko.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers