Apa Itu Tim Ayam Obat?

0

Beepdo.com, Jakarta – Meski namanya obat, tapi ini bukan ramuannya obat, lho guys. Resep tim ayam obat ini justru bahan-bahannya dari tanaman dan akar tanaman yang dikeringkan.

Dalam tradisi China, mengkonsumsi ramuan olahan ayam kampung yang dicampur dengan berbagai macam ramuan herbal ini disebut “Cia po (吃补)”. Tradisi Cia po (吃补) sendiri di definisikan sebagai proses menjaga dan “memulihkan stamina tubuh” manusia dengan cara mengatur pola makanan.

Tim ayam obat (HuangHouse)

Lalu, kenapa dibilang tim ayam obat? karena sop ramuan ini informasinya bisa menambah energi dan kekebalan tubuh, untuk yang sering sakit ataupun sering cepat lelah. Biasanya anjuran mengkonsumsi tim ayam obat ini sebulan sekali, atau sebulan 2x.

Sebenarnya cara memasak tim ayam obat ini mudah. Cuma yang harus kamu tahu adalah langkah-langkahnya supaya si ramuan ini bisa berkhasiat dan tidak pahit. Berikut ya resepnya…

Bumbu rempah tim ayam obat (Bukalapak)

Bahan-bahan:

1 bungkus rempah tim ayam obat (bisa dibeli toko obat China)
1 ekor ayam kampung
1 sdt garam
3 ruas jahe, iris tipis
2 butir bawang putih, geprek
2 cup air mendidih (500ml)

Tim ayam obat (Cookpad)

Langkah:

1. Cuci bersih ayam kemudian masukkan jahe iris dan bawang putih kedalam bagian ayam.

2. Bersihkan rempah, kemudian masukkan ayam beserta rempah dan garam ke dalam slow cooker. Lalu tuang air sampai menutupi rempah.

3. Set slow cooker ke mode HIGH dan tutup. Masak sekitar 3 jam atau sampai ayam empuk. Angkat dan sajikan.

5. Note: Selain menggunakan slow cooker bisa dengan cara di TIM dengan api kecil. (Jangan menggunakan wadah dari stainless steel, wadah harus dari keramik, tanah liat atau kaca)

Tim ayam obat (SekilasInfo)

Dengan mengkonsumsi tim ayam obat berbahan ayam kampung segar tersebut, resiko seperti penyakit pegal linu, encok , penyakit lemah syahwat, penyakit mudah lelah hingga penyakit vertigo dapat diminimalisirkan. Tradisi Cia po (吃补) ini juga sangat bermanfaat untuk  memulihkan kesehatan pasca sakit berat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
346Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers