Ini Yang Terjadi Setelah Makanan Kamu Jatuh ke Lantai Selama 5 Menit

0

Beepdo.com, Jakarta – Ketika sedang makan dan makanan tersebut jatuh ke lantai, kadang orang tak segan untuk mengambilnya kembali. Belum 5 menit, begitu katanya. Sebenarnya, belum 5 menit atau 5 detik sekalipun, kebiasaan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

Ketika Anda menjatuhkan sepotong makanan ke lantai, apakah sungguh tidak apa-apa untuk mengambilnya sebelum lima detik? Mitos tentang makanan ini berpendapat bahwa bila makanan berada di lantai hanya beberapa detik, kotoran dan kuman tidak akan punya banyak kesempatan untuk mengkontaminasinya.

Bakteri (Unique)

Pada 2007, Universitas Clemson menerbitkan penelitian dalam sebuah Journal of Applied Microbiology. Tulisan ini berisi tentang berapa lama kecepatan perpindahan bakteri ke makanan. Untuk mengetahuinya, mereka menanamkan Salmonella ke ubin, karpet, atau kayu.

Lima menit setelah itu, mereka meletakkan bologna atau roti ke permukaannya selama lima, 30, atau 60 detik. Lalu menghitung jumlah bakteri yang berpindah ke makanan. Temuannya sungguh mencengangkan. Mereka menemukan bahwa jumlah bakteri yang pindah ke jenis makanan apa pun tidak bergantung pada berapa lama makanan tersebut kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.

Makanan jatuh ke lantai (SajianSedap)

Dari penelitian ini juga diketahui, sebenarnya isunya bukan soal berapa lama makanan Anda tergeletak di lantai, melainkan lebih kepada bagaimana terjadinya sepetak ubin itu dipenuhi bakteri. Karena itu, dari penelitian ini pula ditemukan bahwa jenis permukaan pun membuat perbedaan. Karpet, misalnya, tampaknya merupakan tempat yang lebih baik untuk menjatuhkan makanan ketimbang kayu atau ubin. Ketika karpet ditanamkan dengan Salmonella, kurang dari 1% bakteri yang berpindah. Namun ketika makanan itu bersentuhan dengan ubin atau kayu, 48%-70% bakteri berpindah.

Makanan jatuh ke lantai (Tribunnews))

Jadi, anda berpikir lagi untuk makan makanan yang sudah jatuh ke lantai 5 menit. The ConversationRiset mengingatkan bahwa yang terbaik yakni menjaga kebersihan tangan, peralatan makan, dan permukaan lainnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers