7 Makanan Ini Ternyata Bikin Bau Badan

0

Beepdo.com, Jakarta – Masalah bau badan nyatanya tak sepele. Karena masalah bau badan ini dapat mengganggu penampilan.

Pakar kimia organik yang juga mempelajari bau badan di Monell Chemical Senses Center, George Preti mengatakan, bau badan juga dapat dipicu oleh stres, permasalahan kesehatan tertentu, hingga pilihan jenis makanan.

Nah, berikut ini adalah daftar makanan yang bisa mempengaruhi bau badan.

1. Brokoli, kubis, dan kembang kol

Brokoli (Hello Sehat)

Dermatokogi di McLean Dermatology and Skin Care Center, Lily Talakoub mengatakan, bau badan bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung sulfur, seperti brokoli, kubis dan kembang kol. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari semua sayur-sayuran yang mengandung sulfur, karena makanan ini pun memiliki kandungan “hebat” untuk melawan penyakit. Jika Anda mengonsumsinya secara reguler, ini jelas akan berdampak pada bau badan. Cobalah mengimbanginya dengan mengonsumsi sayuran lainnya dan buah yang tidak mengandung banyak kandungan sulfur. Seperti labu, ubi, terong, jeruk, hingga buah persik.

2. Bawang merah dan putih

Bawang Putih (TipsKesehatan)

Segala jenis makanan yang membuat bau nafas terganggu, juga kurang baik untuk bau badan. Contohnya, bawang merah dan putih.

3. Ikan

Ikan makarel (Khasiat)

Penyakit metabolisme trimethylaminuria atau TMAU bisa membuat bau badanmu seperti ikan busuk. Ini juga akan diperparah dengan mengkonsumsi makanan seperti telur, ikan, bahkan beberapa jenis sayuran. TMAU akan diproduksi dalam usus. Menurut data National Centerfor Biotechnology Information, bau tersebut akan keluar lewat urin, nafas, keringat, dan air mani.

4. Daging

Daging (Kementan)

Daging-dagingan bisa menimbulkan bau tubuh. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal Chemical Senses. Para peneliti berasumsi, kandungan lemak pada daging merah bisa bercampur dengan zat kimiawi yang diproduksi di kelenjar keringat. Karena bakteri di kulit mengonsumsi asam lemak tersebut, maka mereka akan menimbulkan bau pada ketiak.

5. Alkohol

Minuman beralkohol (HelloSehat)

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Dental Research, menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam kadar berlebih, bisa memberikan bau mulut yang kurang sedap. Setelah meneliti bau nafas dari 90 orang dewasa, para peneliti menemukan fakta, mereka yang secara rutin mengkonsumsi alkohol memiliki tipe bau nafas yang unik.

6. Makanan Olahan & Junk Food

Junk food (Greatist)

Mengkonsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam atau gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

7. Gorengan

Gorengan (CiciCookies)

Lemak dan minyak dalam makanan yang digoreng menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

Untuk mencegah bau badan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya, minum air putih yang banyak, konsumsi makanan yang mengandung serat, dan buah-buahan yang rendah kolin, seperti apel, stroberi, jeruk, anggur, tomat, nanas, pisang dan semangka.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers