Amoroso Katamsi Dimakamkan dengan Upacara Militer dari TNI AL

0

Beepdo.com, Jakarta – Aktor kawakan Amoroso Katamsi meninggal dunia pada Selasa (17/4) dini hari tadi. Jenazah Amoroso langsung dikebumikan di Pemakaman Tanah Wakaf yang lokasinya tidak jauh dari rumah duka, di Jalan Kamper, kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (17/4) sore.

Amoroso Katamsi
Upacara penyerahan prosesi pemakaman secara militer dari pihak keluarga. (metrotvnews.com)

Prosesi pemakaman pelaku seni, yang juga dihormati sebagai Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan Dr. Amoroso Katamsi, SpKj, secara resmi diserahkan oleh pihak keluarga kepada pasukan TNI Angkatan Laut, untuk dimakamkan dengan upacara militer.

Sebelum dimakamkan, jenazah pemeran Soeharto dalam film G30S/PKI itu disalatkan di Masjid Imam Bonjol. Setelah dishalatkan pihak keluarga menyerahkan jenazah untuk prosesi upacara pemakaman secara militer. Aning Katamsi, putri bungsu pasangan Amoroso Katamsi dan Pranawengrum Katamsi mewakili keluarga menyerahkan jenazah sang ayahanda.

Upacara pemakaman Amoroso yang dilakukan secara militer dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI K. Prihantono dari Angkatan Laut. Prosesi pemakaman ini dimulai dengan hormat angkat senjata dari barisan TNI Angkatan Laut.

Prosesi pemakaman berlangsung dengan sangat khidmat, dimulai dari pembacaan doa kepada jenazah di liang lahat, pembacaan jejak rekam, penghormatan dari para petinggi TNI dan Polri, hingga penghormatan khas militer, berupa penembakan senapan ke udara oleh pasukan salvo.

Nyanyian terompet dan perkusi dari para tentara mengiri prosesi pemakaman Amoroso. Upacara pemakaman yang selesai sekitar pukul 14.00 WIB itu, diakhiri dengan penyerahan bendera pusaka merah putih kepada pihak keluarga yang diwakilkan oleh Peni, istri kedua Amoroso.

Amoroso Katamsi
Upacara diakhiri dengan penyerahan bendera pusaka merah putih kepada pihak keluaraga. (metrmetrotvnews.com)

Kepergian sosok Amoroso Katamsi meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, yakni tiga orang anak dari istri pertama, Pranawengrum, yakni Ratna, Doddy, dan Aning. Sementara dari istri kedua, yakni Peni, meninggalkan seorang putri bernama Anisa.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers