Situs Warungboto, Pesanggrahan Sultan Hamengku Buwono II

0

Beepdo.com, Jakarta – Tempatnya hampir mirip dengan Taman Sari. Dari depan tampak hanya bangunan coklat yang terlihat usang dan berlumut. Setelah masuk kedalam, mata akan disuguhi dua kolam yang berbentuk bulat dan berbentuk persegi panjang yang megah. Di situlah Situs Warungboto berada.

Sultan Hamengku Buwono II, yang hidup pada 1750-1828, menggunakan Situs Warungboto sebagai tempat peristirahatan atau pesanggrahan. Situs ini sudah lama terbengkalai, tapi setelah direnovasi Balai Pelestarian Cagar Budaya, Situs Warungboto kini banyak dikunjungi wisatawan.

Situs Warungboto jadi tempat favorit untuk berfoto (GarasiJogja)

Situs Warungboto terletak di perbatasan antara Kelurahan Rajawinangun, Kecamatan Kotagede dan Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejowinangun mulai dibangun pada masa Sultan HB I, lalu menjadi tempat peristirahatan keluarga kerajaan pada Kesultanan HB II. Pada 2017, Situs Warungboto mulai berfungsi sebagai tempat wisata layaknya Taman Sari Yogyakarta.

Pengunjung tidak dikenakan tarif masuk Situs Warungboto. Pihak BPCB hanya meminta pengunjung untuk menjaga kebersihan dan tidak menaiki dinding bangunan. Sebagian besar pengunjung, datang ke Situs Warungboto untuk berfoto. Situs Warungboto biasanya paling ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu.

Situs Warungboto (GarasiJogja)

Situs Warungboto yang dibangun oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini sebenarnya dilengkapi taman, mushola, kolam, dan kebun untuk kenyamanan dan ketenangan. Sayangnya, Situs Warungboto sudah sejak lama tidak terawat. Banyak bangunan yang hancur dan berlumut .

Pemugaran Situs Warungboto dilakukan dua kali. Pada 2009, dilakukan pemugaran di bagian pendapa. Pada 2015, dilakukan pemugaran kembali pada beberapa bagian. Pemugaran dilakukan untuk menyelamatkan Situs Warungboto yang merupakan cagar budaya berdasarkan UU RI No. 11 tahun 2010. Pada 2016, Situs Warungboto diperbaiki pada bangunan tengah yang terdapat kolam, bangunan sayap sisi selatan, bangunan bertingkat sisi selatan dan pagar. Untuk saat ini, perbaikan berfokus pada bagian utara bangunan.

Situs Warungboto (Kemendikbud)

Perbaikan Situs Warungboto memerlukan waktu yang lumayan lama. Sebab, tidak tidak boleh salah bangun, harus mengikuti gambar aslinya. Foto dan peta gambar rekonstruksi itu diperoleh dari pemetaan yang dilakukan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Yogyakarta pada tahun 1982.

Situs Warungboto (WisataYogyakarta)

Situs Warungboto adalah tempat spot foto bagus yang wajib Anda dikunjungi, bila berkunjung ke Jogja. Bagus juga untuk prawedding. Jangan lupa jika berkunjung harus menaati sejumlah aturan yang ada, dilarang memanjat bangunan, menjaga kebersihan dan dilarang mencoret-coret tembok. Selamat berwisata dan jadilah pengunjung yang bijak. Selamat berkunjung ke Situs Warungboto!.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers