7 Tempat Wisata Favorit di Bangka Belitung

0

Beepdo.com, Jakarta – Pulau Bangka Belitung tidak hanya terkenal dengan martabaknya namun ternyata Bangka memiliki banyak sekali tempat destinasi wisata.

Untuk berwisata ke Bangka maka para wisatawan dari luar Bangka yang menggunakan transportasi udara dengan pesawat terbang harus memilih rute tujuannya ke Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang dan bagi wisatawan yang menggunakan transportasi laut dapat menyebrang dengan kapal menuju pelabuhan yang terdapat di Bangka. Dua pelabuhan utama di Pulau Bangka, yaitu Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Pangkal Balam.

Berikut tempat wisata yang bisa kamu jelajahi selama di sana:

1. Pantai Tikus

Pantai Tikus (PesonaKeindahanAlamIndonesia)

Pantai Tikus? Mendengar namanya saja sudah merasa geli, ya. Tapi jangan cepat ambil kesimpulan, dong. Walaupun namanya Pantai Tikus, tetapi di sini tak ada tikus, kok. Justru kita akan mendapati pemandangan yang indah nan alami setiba di Pantai Tikus. Nah, satu lagi istimewanya pantai ini adalah kecantikan sunsetnya. Ya, kita bisa melihat atau membingkai pemandangan matahari terbit dengan mata atau lensa kamera. Asyik! Pasir putih bersih pantai disertai batuan granit dan berdampingan dengan sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Rebo, wajib dikunjungi, deh.

2. Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber (PusatInformasiTempatWisata)

Pantai Teluk Uber mempunyai pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lain di Pangkalpinang. Pepohonan yang ada di sekitarnya dengan perahu-perahu nelayan di area pantai, cantik sekali. Dari pantai ini pun kita bisa melihat pesona sunset serta sunrise. Maka disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, agar tak ketinggalan momen menakjubkan matahari tersebut. Asal nama Pantai Teluk Uber sendiri karena daerah pantai yang luasnya kurang lebih 25 hektar ini berbentuk teluk, menjorok ke daratan. Jadinya diberi nama Teluk Uber.

3. Museum Timah

Museum Timah (PesonaKeindahanAlamIndonesia)

Museum yang berdiri sejak 1958 berisi tentang sejarah pertimahan yang ada di Bangka Belitung. Seperti diketahui bahwa Bangka Belitung memang sangat kaya akan timah. Dan di museum ini kita dapat belajar dan mengenal lebih dekat sejarah proses penambangan timah sampai dengan mengolah timah dengan cara modern dan tradisional lewat foto serta dokumen koleksi dari Museum Timah. Asyik, kan, berwisata sambil menambah ilmu baru. Perlu diketahui juga bahwa Museum Timah ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia bahkan lingkup Asia. Banyaknya wisata pantai nan eksotis di Bangka Belitung tidak lantas membuat wisatawan yang berkunjung ke museum berkurang. Justru, Museum Timah jadi alternatif wisata selain pantai yang terdapat di Bangka Belitung. Museum Timah dibuka tanggal 2 Agustus 1997 oleh PT Timah,Tbk.

4. Menara Air Minum

Menara Air Minum (SenjataTradisional)

Menara Air Minum atau dikenal juga dengan sebutan watertoren ini mempunyai bentuk yang mirip dengan dua tangki ukuran raksasa, tingginya 5 meter dengan diameter 8,25 meter. Ada banyak pipa besar untuk suplai air ke masyarakat dan dibatasi oleh tugu pembatas dari batuan granit sebanyak 6 buah tugu. Pembangunan watertoren dimulai masa pemerintahan Residen J.E. Edie (1925-1928). Ia lalu melakukan penelitian mengenai sumber air bersih untuk Pangkalpinang. Dan akhirnya diperoleh 3 lokasi yaitu, Gunung Doel, Gunung Mangkoel, dan Sungai Nyelanding. Air dari Sungai Nyelanding keruh, sedangkan Gunung Doel sumber airnya sedikit. Jadi dipilihlah Gunung Mangkoel sebagai lokasi sumber air yang tepat. Selanjutnya pembangunan Menara Air Minum dilanjutkan ke masa Residen Hooyer (1928-1931). Saat ini menara air minum telah masuk sebagai cagar budaya kota Pangkalpinang.

5. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden (IdnNews)

Bangka Botanical Garden atau disebut juga dengan BBG adalah lahan pengembangan hortikultura, menyediakan bibit serta pakan ternak, termasuk menjadi lahan peternakan juga. BBG berdiri di atas lahan bekas dari perusahaan timah dan lahan gambut kritis.

6. Batu Belimbing

Batu Belimbing (Logo)

Batu unik ini dinamakan Batu Belimbing oleh masyarakat sekitar karena bentuknya yang mirip dengan buah Belimbing. Batu Belimbing tercipta karena adanya fenomena alam. Batu ini merupakan gugusan batu granit yang terbentuk akibat pembekuan magma yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Bentuk motif garis-garis pada batuan tersebut disebabkan karena adanya pengikisan oleh air hujan yang terjadi terus menerus sejak ratusan tahun lalu sehingga terbentuk irisan pada batu yang menyerupai bentuk buah Belimbing.

7. Hutan Mangrove Kurau Barat

Hutan Mangrove Kurau Barat (RadarBangka)

Kawasan Hutan Mangrove Kurau Barat di Bangka Tengah ini cukup luas untuk dijelajahi. Terdapat beberapa jenis burung di kawasan Hutan Mangrove ini, selain itu juga terdapat budidaya kepiting dan udang serta bagi pengunjung yang hobi memancing juga diperbolehkan untuk memancing karena ada berbagai jenis ikan air tawar dan air laut di dalamnya. Di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas seperti pondok atau rumah panggung untuk tempat peristirahatan para pengunjung, tempat untuk ibadah, tempat outbound dan toilet umum sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai hal-hal tersebut.
Ada dua jalur berbeda untuk menuju tempat ini dapat melalui jalur darat dengan berjalan kaki selama 15 menit atau melalui jalur air dengan menggunakan perahu klotok sekitar 30 menit.

Itulah 7 tempat wisata favorit di Bangka Belitung. Selamat berlibur!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers