Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Wajib Kamu Coba

0

Beepdo.com, Jakarta – Sudah pernah berkunjung ke Bangka Belitung? Sudah pernah mencoba kuliner khasnya? Kalau belum mari kita simak makanan apa saja yang ada di Bangka Belitung.

Berikut ini, daftar kuliner khas Bangka Belitung yang wajib kamu icip atau bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

1. Es Anggrek

Es Anggrek (Tripadvisor)

Es anggrek, mungkin ada hiasan bunga anggrek atau bahan pembuatannya memakai anggrek? Salah semuanya! Nama Anggrek diambil dari nama restoran di mana es ini berada. Es anggrek adalah sejenis es diblender dengan siraman sirup buatan sendiri. Rasanya menyerupai es krim, lembut dan segar. Ditambah dengan kacang merah yang utuh dan tak terasa lunak. Nikmat! Apalagi kalau menyantap es ini saat cuaca panas, pas sekali.

2. Otak-otak Kon Kim

Otak-otak Kon Kim (JadiBerita)

Otak-otak ini berasal dari olahan sagu dan juga ikan. Otak-otak di sini memiliki saus yang istimewa, selain dari bahan pembuatannya yang lebih banyak komposisi ikan dibandingkan dengan sagu. Rasanya semakin maknyus bila dicocol ke dalam saus kacang atau tauco.

3. Mie Koba

Mie Koba (GoodIndonesiaFood)

Mie koba, mie yang memiliki citarasa seafood ini tak boleh dilewatkan. Kuahnya warna kecokelatan dengan rasa seafood kental. Nyaaam … membuat lidah bergoyang, saking lezat mie ini.

4. Getas

Getas (Bukalapak)

Getas atau disebut juga dengan kletek sangat terkenal sebagai jajanan Bangka seperti halnya kemplang atau kritcu. Terbuat dari sagu, ikan, garam, dan beberapa bumbu lainnya. Rasanya nikmat dan cocok untuk cemilan. Kebanyakan bentuknya lonjong atau bulat dan tidak akan sulit menemukan panganan yang satu ini. Karena banyak toko yang menyediakan. Umumnya dibawa sebagai oleh-oleh khas Bangka.

5. Siput Gong Gong

Siput Gong Gong (Channelsatu)

Berkunjung ke pulau Babel terasa kurang lengkap jika tidak menyicip kuliner berbahan dasar produk lautnya, seperti siput gong gong misalnya. Siput gong gong adalah makanan yang sangat terkenal dan disukai oleh penduduk Babel. Gong gong sendiri merujuk pada siput laut yang diolah dengan cara direbus untuk kemudian dihidangkan bersama saus sambal. Siput laut ini banyak ditemukan di laut sekitar Bintan sehingga hanya di daerah Tanjungpinang dan sekitarnya bisa ditemukan makanan ini.

Itulah 5 makanan khas Bangka Belitung. Jangan lupa mencicipi salah satunya, bila berkunjung ke sini, ya guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers