Wow, Makanan Tertua Ini Masih Bertahan Hingga Kini

0

Beepdo.com, Jakarta – Meski seorang chef selalu berinovasi dalam mengolah makanannya, rupanya ada makanan tertua yang hingga kini masih dapat kita jumpai. Makanan-makanan kuno ini rasanya juga tak kalah dengan kuliner milenial yang banyak digandrungi kawula muda era kini.

Langsung saja, apa saja itu makanan-makanan kuno yang masih bisa kita jumpai di dunia.

1. Puding Jelatang (6000 SM)

Puding jelatang (Vebma)

Jelatang atau poison ivy sebenarnya adalah tumbuhan yang dapat dimakan. Tetapi baunya yang menyengat dan tidak sedap membuat banyak orang yang memilih untuk tidak memakannya. Meskipun demikian, orang Inggris mengatakan bahwa jelatang yang telah diolah sedemikian rupa merupakan campuran yang enak untuk hidangan bernama risotto. Sebuah penemuan di tahun 2007 menyatakan bahwa jelatang pun pernah digunakan sebagai bahan baku utama sebuah masakan. Masakan itu adalah puding jelatang. Resep itu sendiri dicatatkan pada tahun 6000 SM. Tetapi para ahli beranggapan dan yakin bahwa resep itu sendiri sebenarnya berusia 2000 tahun lebih tua dari tanggal tercatatnya. Itu berarti hidangan ini sendiri sudah berusia lebih dari 8000 tahun lamanya.

2. Pai Daging (1700 SM)

Pie daging (Pixabay)

Pai daging adalah makanan khas yang amat terkenal di Australia ini telah disajikan selama 3000 tahun lamanya. Resep pai daging pertama berasal dari peradaban Mesopotamia kuno. Dalam tiga buah prasasti yang ditulis pada tahun 1700 SM (kemudian diterjemahkan oleh akademisi sekaligus chef asal Perancis bernama Jean Bottero) salah satunya menceritakan tentang resep pembuatan pie. Dalam resep awalnya, seluruh tubuh dari unggas yang menjadi isian pie digunakan. Utamanya bagian tenggorokan. Tetapi kini pie daging sudah mengalami banyak perkembangan dan kreasi hingga sekarang.

3. Hangover Cure Stew (900 M)

Sop penyembuh mabuk (ApocketfulofKimchi)

Jika Anda sering menonton drama Korea, hangover cure stew atau sup yang dikonsumsi setelah mabuk adalah hidangan yang sering muncul. Tetapi ternyata hidangan ini bukanlah hidangan yang baru muncul belakangan ini. Buku resep masakan tertua yang ditulis ketika peradaban Baghdad kuno berjudul The Boom of Dishes memuat lebih dari 600 resep masakan. Tetapi salah satu yang paling populer adalah kishkiyya atau hangover stew. Ibn Sayyar al-Warraq sendiri banyak menuliskan resep yang bahkan berusia jauh lebih tua dari usianya. Kishkiyya sendiri tidak diketahui sudah berapa lama disajikan di Bumi. Tetapi bahan bakunya kurang lebih sama dari dulu hingga sekarang. Potongan daging, sayuran hijau, serta rempah-rempah yang dimasak dalam kaldu yang kaya rasa.

4. Frumenty (1381)

Frumenty (TheFoodofEngland)

Frumenty adalah salah satu masakan yang berasal dari Eropa Abad Pertengahan. Ditulis pertama dalam buku resep The Forme of Curry pada tahun 1381. Frumenty adalah gandum yang dimasak bersama sari almond dan ditambahkan perasa manis serta buah-buahan. Hidangan ini seringkali disantap bersama masakan yang bercita rasa gurih karena perpaduan gurih dan manis sangat banyak disukai orang kala itu. Banyak koki yang mencoba mengkreasikan frumenty dari abad ke 14 dengan sentuhan modern karena frumenty sendiri hingga kini masih disukai banyak orang.

5. Linzer Torte (1653)

Linzer Torte (WIkipedia)

Jika Anda ingin mencari kue tertua di dunia, maka Linzer Torte adalah jawabannya. Kue tart dengan isian selai dan ditutupi adonan pastri di atasnya ini sudah ada sejak tahun 1696. Tetapi penelitian kemudian menemukan bahwa Linzer Torte sendiri telah tercatat Manuskrip Veronese pada tahun 1653 yang ditemukan di Ausrtria pada tahun 2005. Hingga kini linzer torte sudah banyak berubah dan dikreasikan hingga sangat berbeda dari resep aslinya. Jika Anda ingin menemukan resep linzer torte yang paling akurat adalah dengan mencarinya di situs nasional Austria.

Pastikan anda pernah mencicipi makanan tertua di dunia ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
345Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers