Hati-hati! 8 Peralatan Makan Ini Berbahaya Bagi Kesehatan, Nomor 7 Nggak Nyangka

0

Beepdo.com, Jakarta – Food Safety atau keamanan pangan ternyata tidak hanya menyangkut soal kebersihan bahan makanan saja, tetapi juga mencakup peralatanan makan yang kamu gunakan, guys. Karenanya, pemilihan peralatan makan, sangat disarankan mempertimbangkan bahan yang digunakan dan kemudahan saat dibersihkan.

Berikut daftar peralatan makan yang berbahaya bagi kesehatan kamu.

1. Plastik

Peralatan makan plastik (BlokUnik)

Pada umumnya, peralatan makan berbahan plastik yang aman telah mendapatkan sertifikasi seperti Food Grade, BPA Free, dan lain sebagainya. Simbol khusus seperti PVC Free, dan yang lainnya juga penting diperhatikan agar bahan kimia berbahaya tidak menyerap pada makanan. Peralatan memasak dari plastik seringkali memang terlihat lebih menarik dan berwarna. Mulai dari pengaduk, spatula, piring, garpu, sendok, dan sebagainya. Tapi, peralatan-peralatan tersebut ternyata berbahaya, terutama jika digunakan untuk makanan panas karena berpotensi meleleh. Sehingga, bisa mengeluarkan racun dan tercampur bersama makanan. Lebih baik gunakan yang berbahan stainless.

2. Aluminium

Peralatan makan berbahan aluminium (amazon)

Rata-rata harga panci yang berbahan aluminium lebih murah dan mudah didapatkan. Namun, harap lebih berhati-hati dalam membeli alat masak aluminium ini. Jika belum dilapisi dengan lapisan oksida, pelindung bisa mengkontaminasi makanan-makanan yang asam seperti misalnya tomat.

3. Talenan plastik

Telenan plastik (TabloidKoki)

Variasi talenan berbahan plastik belakangan serind dijumpai. Selain warnanya memukau, bentuknya pun lucu-lucu. Memang, tidak masalah menggunakan talenan plastik tersebut. Tapi, kamu harus segera menggantinya bila sudah digunakan terlalu lama dan jadi kasar, karena banyak bakteri yang tumbuh.

4. Teflon

Teflon (ericbakker)

Umumnya teflon digunakan untuk peralatan memasak seperti wajan. Namun, tahukah kamu kalau teflon ini mengandung karsinogen? Bahkan, aroma dari teflon saja sudah bisa membunuh binatang seperti burung. Jadi, lebih baik hindari penggunaan teflon ya.

5. Stainless Steel yang sudah cacat

Stainless Steel yang sudah cacat (JakartaNotebook)

Peralatan makan ini memang aman digunakan, namun jika sudah terdapat goresan atau sedikit cacat, maka jangan digunakan lagi. Stainless steel yang cacat ini bisa mengeluarkan zat-zat beracun seperti kromium, besi ataupun nikel yang akan tercampur di makanan.

6. Tembaga

Perlatan makan dari tembaga (BlogUnik)

Serupa dengan aluminium, jika terdapat makanan yang terlalu asam seperti cuka, tembaga bisa mengeluarkan zat berbahaya. Tembaga sendiri memang bisa menjadi mineral untuk tubuh, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit juga.

7. Kertas nasi

Kertas nasi (Equator)

Kertas nasi yang berlapis plastik tipis ini menjadi alternatif pengganti daun pisang yang biasanya digunakan sebagai bungkus makanan. Siapa sangka, di balik harganya yang relatif murah, praktis dan mudah di dapat, ada bahaya yang bisa mengganggu kesehatan kita. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mengingatkan bahaya kertas nasi dan kertas daur ulang. Bahan yang umum digunakan sebagai bungkus makanan dari masa ke masa antara lain keramik, kaca, plastik, aluminium foil, hingga yang berbahan dasar kertas. Zat kimia tersebut bisa berdampak negatif bagi tubuh dan memicu berbagai penyakit di antaranya kanker, kelenjar getah bening, gangguan reproduksi hingga mutasi gen.

8. Melamin

Peralatan makan berbahan melamin (GoldenDragonMelamine)

Melamin adalah bahan kimia yang memiliki banyak kegunaan industri. Di Amerika Serikat, melamin disetujui untuk digunakan dalam pembuatan beberapa peralatan memasak seperti piring, produk plastik, kertas, kertas karton, coating dan lain sebagainya. Namun, jenis peralatan makanan ini diproduksi dengan zat yang disebut resin melamin-formaldehida. Ia membentuk struktur molekul yang terbentuk oleh panas. Dari sejumlah melamin yang digunakan, ia menyebabkan reaksi kimia dalam plastik, di mana ia akan tinggal lama di sana. Melamin bisa bermigrasi pada makanan. Bahayanya jika sampai berpindah dapat menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal, hingga kematian.

Itulah 8 peralatan makan berbahaya untuk kesehatan kamu. Semoga bermanfaat!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers