7 Buah Langka, Udah Pernah Coba Salah Satunya?

0

Beepdo.com, Jakarta – Banyak buah-buahan kini mulai sulit ditemukan. Kebanyakan karena memang penjual buahnya susah menemukan buah-buah tersebut di pasaran. Juga karena buah-buah itu kalau dijual kurang diminati pasar hingga tidak disediakan.

Miris ya. Tapi, buah apa saja sih yang mulai langka? Yuk, simak 7 buah langka yang kini banyak dirindukan yang dirangkum Beepdo.com di bawah ini:

1. Buah Lobi-lobi

Buah Lobi-lobi (Grid)

Lobi-lobi termasuk dalam buah yang cukup mudah ditanam, karena dapat tumbuh pada jenis tanah apa pun. Rasa buah lobi-lobi cenderung asam dan sedikit manis. Buah lobi-lobi ini sangat cocok dijadikan rujak, diolah menjadi manisan, asinan, dan selai. Mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan, seperti mengatasi diare dan kencing darah dan radang tenggorokan.

2. Buah Manau

Buah Manau (TheDarkRhapsody)

Manau merupakan buah dari pohon rotan yang tumbuh di sekitar Bangka, Belitung, Kalimantan. Sekilas tampak seperti buah salak karena bersisik, tetapi ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval. Rasa buah manau tidak begitu manis dan membuat lidah bergetar karena cenderung pahit sepat. Biasanya manau diolah menjadi asinan.

3. Buah Lai

Buah Bisbul (Wikimedia)

Buah asal Kalimantan TImur ini memang satu kerabat dengan durian. Porsi dagingnya sekitar 20-40 persen berwarna oranye dengan tekstur agak kering dan halus. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah memperlancar percernaan, mencegah stres, menambah nafsu makan, dan lain-lain.

4. Buah Bisbul

Buah Bisbul (Wikimedia)

Masyarakat menganggap bisbul sebagai buah khas dari Bogor. Bisbul masih satu famili dengan buah kesemek. Bedanya bisbul tumbuh di dataran rendah dan berhawa panas. Bisbul sangat baik untuk pencernaan, mencegah anemia, dan sebagainya.

5. Buah Kemunting

Buah Kemunting (Platbn)

Pohon kemunting biasanya tumbuh di atas bukit, khususnya di tanah liat dan bercampur pasir. Buah kemunting berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 1-1,5 sentimeter. Buah kemunting mengandung banyak serat dan rasanya manis. Kemunting matang biasanya berwarna ungu tua. Sebagian orang memanfaatkan kemunting menjadi pai ataupun selai. Buah ini tumbuh liar disekitar pulau Bangka dan Belitung.

6. Buah Kelubi

Buah Kelubi (YouTube)

Buah kelubi sering dijumpai di provinsi Sumatera. Lebih tepatnya di daerah Bangka, Riau, Jambi dan Lampung. Rasanya cenderung asam tapi menyegarkan. Beberapa daerah di Sumatera Selatan, biasanya menggunakan kelubi sebagai campuran sambal terasi. Sedangkan, di Kalimantan Timur, kelubi sering dijadikan sebagai manisan.

7. Keledang

Keledang (Khasiat)

Buah keledang atau biasa dikenal bangsal adalah salah satu jenis buah langka dari Kalimantan. Pohon buah keledang tingginya bisa mencapai 40 meter. Buah ini terlihat seperti nangka dengan warna daging buah yang berbeda. Rasanya manis, sensasinya seperti kolaborasi rasa nangka dan manggis. Buah keledang termasuk salah satu buah-buahan eksotis hutan Kalimantan yang tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini.

Dari 7 buah langka tersebut, mana yang masih kamu makan hingga saat ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers