Cobain Nih Yang Sedap Dari Kudus

0

Beepdo.com, Jakarta – Opor Bakar atau lebih dikenal dengan nama “Opor bakar Sunggingan” atau “Opor bakar Kudus” adalah makanan khas pagi masyarakat Kabupaten Kudus. Tepatnya dulu dari Desa Sunggingan.

Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Secara definisi, Opor Sunggingan dapat disebut sebagai opor bakar. Soalnya, ayam yang dimasak dalam bumbu opor itu kemudian diangkat dulu dari kuahnya, dan dibakar, sebelum dipotong-potong dan disajikan dengan guyuran kuah opor yang dikentalkan.

Opor Ayam Panggang Sunggingan Kudus (Travelingyuk)

Sebenarnya, sajian ini belum termasuk sebagai kuliner pusaka, karena merupakan kreasi baru. Tetapi, kreasi baru ini telah bertahan selama 50 tahun dan menjadi ikon kuliner kebanggaan Kudus.

Cara mengolah opor bakar ini memang unik. Ayam kampung dimasak utuh, dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan, kemudian dimasukkan ke dalam rongga perut ayam. Dalam proses pemasakan, bumbu-bumbu ini meresap ke dalam serat-serat daging ayam, sehingga membuat ayamnya sangat gurih. Setelah matang dimasak dalam bumbu opor ini, ayam dikeluarkan, ditiriskan, dan kemudian dibakar di atas bara api sampai gosong-gosong bagian luarnya.

Opor Ayam Panggang Sunggingan Kudus (Foodpotting)

Sisa rebusan ditambahi santan kental dan dimasak lagi hingga sebagian besar airnya menguap. Kuah opor santan kental itu dipakai untuk menyiram potongan daging ayam bakar ketika dihidangkan. Biasanya, opor bakar ini disajikan dengan sambal goreng tahu.

Opor Ayam Panggang Sunggingan Kudus (OkNusantara)

Kamu bisa menikmati opor bakar dalam dua versi. Banjir (banyak kuah) atau biasa (agak kering). Rasanya gurih dan khas bumbu opor Kudus. Ayamnya wangi karena dipanggang dulu. Tambahan sambal goreng khas Kudus-nya memang sedap. Makan 1,5 porsi, mungkin baru pas diperut. hehe. Selamat menikmati.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers