Aneh! Nangka Ini Buahnya Muncul dari Pangkal Akar

0

Beepdo.com, Jakarta – Pohon nangka pada umumnya berbuah menggantung di pohon atau cabang bagian atas. Namun di daerah sekitar Taman Safari Indonesia II berbeda, mungkin ini memang jenis nangka tersendiri yang buahnya menempel di pangkal pohon bagian bawah. Tentu saja buahnya terpangku di atas tanah. Semua pohon nangka di daerah ini tampak seperti ini.

Nangka celeng, begitulah orang menyebutnya. Nangka jenis ini termasuk nangka yang tidak biasa, karena tidak seperti kebanyakan nangka pada umumnya yang buahnya tumbuh pada batang pohon, pada nangka celeng buah tumbuh pada akar dan pangkal batang sampai ketinggian 2 meter dari tanah. Nangka ini sebenarnya berasal dari Tegal.

Nangka Celeng (JituNews)

Awalnya ada rekahan pada tanah di sekitar buah dengan diameter cukup besar, kemudian tumbuh seperti daun dan ranting, selanjutnya keluar bunga langsung dari akar yang sudah terbuka dan menjadi buah dengan posisi tergeletak di tanah. Tetapi buahnya tidak busuk meskipun tampak dari kulitnya seperti busuk padahal dalamnya tidak.

Buah yang keluar dari akar biasanya tunggal dan setiap kali berbuah selalu ada yang keluar dari atas tanah, jumlah sekitar 1-3 buah. Namun jumlah keseluruhan buah dapat mencapai 8-15 baik yang muncul dari atas tanah maupun dari batang pohon.

Nangka (Pertanianku)

Pohon nangka celeng berbuah setiap 8-9 bulan. Daging buahnya cukup tebal sekitar 5-7 mm warnanya kuning cerah dan rasanya manis, daminya jarang, tebal-tebal dan manis rasanya, bijinya relatif kecil dibanding nangka-nangka pada umumnya. Ketahanan nangka celeng jauh lebih lama dibanding nangka lain. Setelah dikupas, nangka celeng bisa tetap kering dan keras sampai 3-4 hari, berbeda dengan nagka lain biasanya daging buahnya sudah mulai lembek sehari setelah dikupas.

Aroma buahnya cukup kuat, jika ada buah yang matang di pohon dari jarak 10 m sudah tercium wanginya. Buahnya mempunyai getah yang sangat sedikit, sehingga tidak mengotori tangan ketika dimakan.

Pohon nangka yang berbuah dari akarnya ternyata tidak hanya nangka celeng, di Kalimantan Selatan tepatnya di Desa Sungai Andai di wilayah Banjar Baru, pohon nangka seperti nangka celeng disebut dengan nangka bilulang atau nangka belulang. Ciri-ciri nangka belulang adalah daging buahnya kering, manis dan berdamai sedikit, warna daging buahnya kuning dan oranyae, tetapi nangka yang berwarna oranye lebih dikenal dengan sebutan nangka mawar atau nagka habang, bedanya nagka bilulang sudah mulai berbuah pada umur 3 tahun dan rata-rat dapat berbuah 2 kali dalam setahun pada bula Jauari dan Juni.

Nangka Celeng (JuraganCipir)

Menurut Hendro Sunaryono Pakar tanaman buah di Bogor, nangka celeng dan nangka bilulang sama varietasnya. Kedua nangka ini mempunyai keistemewaan tersendiri dibanding nangka-nangka pada umumnya yaitu buahnya tumbuh tidak di batang pohon tetapi di pangkal akar. Nangka Celeng ini juga dapat kamu jumpai di pulau Mandalika Jepara, lho guys. Udah pernah cobain rasanya?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers