Baca Tips Ini Sebelum Mendaki Gunung Rinjani

0

Beepdo.com, JakartaGunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 Mdpl yang terletak di Pulau Lombok, NTB dan masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas kurang lebih 41.333 hektar.

Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri bagi umat hindu di pulau Bali dan suku sasak. Menurut umat hindu Bali, Gunung Rinjani merupakan gunung suci yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa selain Gunung Agung dan Semeru.

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit di Indonesia yang wajib di daki minimal sekali sumur hidup, sebab Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Menurut para pendaki, Gunung Rinjani adalah gunung yang memiliki pemandangan terindah di Indonesia, bahkan ada yang bilang kalau Gunung Rinjani adalah gunung terindah di Asia, karena alasan tersebut banyak pendaki lokal maupun mancanegara ingin merasakan sensasi panorama puncak Gunung Rinjani.

Bulan Juli hingga Agustus adalah bulan di mana akan banyak sekali pendaki yang ingin menuju Puncak Rinjani. Selain panorama yang sangat indah, di Gunung Rinjani juga terdapat beraneka ragam flora dan fauna. Daya tarik lainnya yang biasa dikunjungi oleh pendaki, yaitu Danau Segara Anak yang terletak di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl dengan luas sekitar 1.100 hektar berbentuk bulan sabit dengan kedalaman kurang lebih 230 meter.

Namun dibalik keindahan yang dimilikinya, gunung ini juga sudah banyak memakan korban jiwa, mungkin karena pendaki yang tidak mempersiapkan diri dengan baik, fisik yang lemah atau faktor lainnya, jadi sebelum mendaki kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya ya.

Beberapa tips ini semoga bisa membantu kamu sebelum mendaki Gunung Rinjani:

1. Jalur Pendakian

Gunung Rinjani (Kbr))

Jalur pendakian Gunung Rinjani ada 3, yaitu melalui Desa Sembalun Lawang, Torean dan Senaru. Dari ketiga jalur tersebut, jalur pendakian via Sembalun Lawang dan Senaru merupakan jalur paling favorit. Untuk bisa sampai di Danau Segara Anak dari Sembalun kita membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam. Namun, apabila kita naik dari Senaru membutuhkan waktu sekitar 7-10 jam. Biasanya para pendaki memilih naik dari Sembalun lalu turun melalui Senaru.

2. Waktu

Gunung Rinjani (MountRinjaniTrekking)

Pilih lah waktu yang tepat, seperti bulan Maret-Agustus. Hindari mendaki pada saat high season yaitu sekitar pertengahan Agustus, libur panjang, dan tahun baru, karena saat itu kamu biasanya Gunung Rinjani dipenuhi pendaki. Apabila terpaksa mendaki saat high season, sebisa mungkin memesan guide terlebih dahulu, bisa sebulan sebelumnya atau seminggu sebelumnya agar tidak kehabisan porter/guide karena pendakian ke Gunung Rinjani cukup berbahaya. Kamu boleh tidak menggunakan jasa guide apabila sudah pernah mendaki ke Gunung Rinjani dan sudah hafal medan yang harus dilalui.

3. Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mendaki Gunung Rinjani ?

Pemandangan yang spektakuler mulai padang savana yang luas bukit-bukit danau sampai hutan yang lebat. (NemoTheExplorer)

Mendaki di Gunung Rinjani setidaknya membutuhkan waktu 4-5 hari, jadi sebelumnya siapkan dulu stamina kamu, bisa dengan rajin berolahraga seminggu sebelum mendaki agar tubuh tidak drop dalam perjalanan menuju puncak.

4. Barang Apa Saja Yang Harus Dibawa?

Padang savanna Gunung Rinjani (Scubasurf)

Suhu udara di Gunung Rinjani rata-rata sekitar 20o C dan terendah bisa sampai 10oC jadi persiapkan baju hangat sebelum mendaki untuk meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi. Yang pasti, kamu juga harus membawa peralatan mendaki seperti, gaiter, treking pole, jas hujan dan lainnya. Jika kamu hobi memancing, bawalah alat pancing untuk memancing ikan di Danau Segara Anak.

5. Spot Bagus

Gunung Rinjani (AdventureInYou)

Ada beberapa spot foto menarik yang bisa kamu gunakan sebagai latar untuk berselfie. Antara lain, Pos 1 – 3 (Sabana Sembalun), Pos 2 (melihat sunrise) Plawangan Sembalun (melihat segara anak dan puncak Rinjani)

Jadi kapan kamu ke Gunung Rinjani? Penting! Hindari perjalanan malam hari. Pastikan kamu sudah mendaftar di buku tamu TNGR/Simaksi. Dan bawa turun kembali sampahmu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers