Keju Paling Tua dari Yunani Ini Terbuat Dari Susu Domba

0

Beepdp.com, Jakarta – Feta adalah keju Yunani yang dibuat dengan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi dan kadang-kadang ditambahkan susu kambing. Keju Feta telah diproduksi di Yunani sejak zaman purbakala dan telah menyebar ke seluruh Balkan.

Nama keju ini berasal dari kata “fetas” dalam bahasa Yunani yang berarti “cakram”. Keju Feta biasanya terasa sangat asin karena pemberian garam yang banyak. Untuk menghilangkan rasa asin pada keju Feta, keju tersebut direndam dalam air dingin ataupun susu selama beberapa menit

Keju feta (Anna)

Warnanya putih susu, teksturnya agak keras dan rapuh menjadi ciri khas keju jenis ini. Biasa dijual dalam kemasan plastik atau direndam dalam minyak olive. Feta yang sudah disimpan lama akan lebih bau dan berkualitas tinggi.

Adapun proses pembuatannya bermula saat susu kambing yang dipasteurisasi telah turun ke suhu 35 °C, rennet ditambahkan dan kasein dibiarkan menggumpal. Dadih yang memadat kemudian diambil dan ditaruh di tempat khusus atau di kantung kain agar whey menjadi terpisah.

Keju feta (TabloidKoki)

Setelah beberapa jam, dadih sudah cukup padat untuk dipotong dan salinitas garam akan mencapai 3%, maka dadih yang digarami tersebut ditempatkan di wadah logam atau tong kayu (tergantung produsen dan area pembuatan), dan dibiarkan selama beberaa hari. Menariknya, penggunaan tong kayu akan memberikan rasa unik kepada keju dan dianggap lebih tradisional.

Keju feta (Cheesemakin)

Setelah perlakuan penggaraman kering terhadap keju selesai, proses penuaan di dalam larutan garam (dalam larutan air garam 7%), dilakukan selama beberapa minggu di temperatur ruang dan selama paling tidak 2 bulan didinginkan di tempat yang kelembabannya tinggi. Sejumlah keju kemudian didistribusikan ke supermarket, tempat di mana keju dipotong dan dijual langsung dari wadahnya atau dalam ukuran terstandar dibungkus gelas plastik, terendam larutan garam. Sudah pernah mencicipi keju feta ini. guys?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers