Yang Dingin dan Segar dari Berbagai Daerah

0

Beepdo.com, Jakarta, Sebelumnya kita udah bahas nih minuman hangat. Nah, kali ini kita coba kulik minuman dingin dari berbagai daerah, ya guys.

Minuman dingin ini, bahkan tak hanya populer di daerah asalnya saja. Tapi, minuman-minuman ini sudah dikemas dalam kemasan yang cantik dan masuk dalam daftar menu restoran di kota-kota besar.

Yuk simak minuman dingin apa aja sih:

1. Es Tebak – Sumatera Barat

Es Tebak (Resep)

Biasa disebut juga es cendol ala Sumatera Barat. Tebak merupakan adonan tepung beras dan tepung kanji yang dimasak bersama santan. Adonan ini dicetak berbentuk menyerupai cendol. Tebak disajikan bersama manisan kolang kaling, potongan cincau hitam dan pacar cina. Diatasnya, diberi tambahan es serut, sirop merah dan susu kental manis putih. Es ini paling banyak dijajakan di daerah Sumbar saat bulan puasa tiba.

2. Es Gempol – Solo, Jawa Tengah

Es Gempol (Okezone)

Adonan gempol yang jadi bahan utama es ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, dan air daun suji. Adonan yang sudah diuleni ini, dicetak berbentuk bulat cekung lalu direbus hingga mengapung. Penyajiannya dengan kuah santan yang dimasak bersama tepung maizena hingga mengental. Diberi potongan nangka, sirup vanili dan es batu.

3. Es Cao – Semarang, Jawa Tengah

Es Cao (Resep)

Ada satu tempat di Semarang yang kesohor dengan es cao-nya. Saking terkenalnya, es ini kerap diburu para penikmat kuliner yang bertandang ke kota lumpia. Es cao berisi potongan cincau hijau, kolang kaling dan daging kelapa muda yang ditimbun es serut dan bersirama sirop merah.

4. Roco Timun – Sumatera Utara

Roco Timun (Waspada)

Es berisi potongan mentimun yang dipadukan dengan daging kelapa dan air kelapa muda. Disiram sirup gula yang terbuat dari rebusan air, gula merah, garam dan daun pandan. Lebih nikmat disajikan dingin dengan tambahan es batu.

5. Es Palubutung – Makassar, Sulawesi Selatan

Es Palubutung (ResepdanMasakan)

Selain es pisang ijo, es palubutung juga jadi menu best seller di tempat-tempat makan di Jakarta yang menyediakan hidangan khas Makassar. Berupa pisang raja kukus yang dibalut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau. Pisang bungkus ini dikukus hingga matang kemudian dipotong-potong. Disajikan bersama santan yang dimasak bersama tepung beras (mirip bubur sumsum), es batu dan siraman sirop merah.

6. Es Pala – Bogor, Jawa Barat

Es Pala (Bogor)

Es ini cocok sebagai pelepas dahaga di siang hari yang terik. Terbuat dari irisan buah pala yang direbus bersama gula pasir, garam, dan air. Paling enak lagi, apabila rebusan pala beserta air gula ini didiamkan terlebih dahulu selama semalaman hingga meresap. Tambahkan es batu saat akan disajikan.

7. Es Goyobod – Garut, Jawa Barat

Es Goyobod (Republika)

Banyak yang belum familiar dengan es ini, karena hanya ada di daerah Garut. Goyobod terbuat dari rebusan air, gula merah, tepung hunkwe, garam dan pandan yang dimasak hingga mendidih dan kental, lalu didiamkan hingga beku, baru kemudian dipotong-potong bentuk kotak. Kuahnya, berupa rebusan santan yang dimasak bersama gula merah, garam dan daun pandan. Goyobod disajikan bersama daging kelapa muda, alpukat, kuah santan, dan es serut di atasnya.

Mau dingin atau hangat, yang jelas semuanya segar dan bisa menghilangkan hausmu y guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers