Glass Gem Corn, Si Jagung Permata Kaca

0

Beepdo.com, Jakarta – Warna biji jagung kebanyakan berwarna kuning. Tapi tidak dengan jagung yang satu ini. Jagung yang dikembangkan oleh seorang petani di Oklahoma yang bernama Carl Barnes ini memiliki biji jagung yang berwarna-warni layaknya warna pelangi.

Mulanya, Barnes yang sudah sekian lama bergelut dengan jagung merasa menemukan keunikan pada jagungnya, ketika jagung itu direbus, ia melihat tanda-tanda warna yang tidak biasa pada biji jagungnya, bahkan bersinar seperti permata. Hingga akhirnya Barnes berinisiatif untuk mengumpulkan serta menyimpan benihnya, dan berkat keahliannya yang luar biasa, serta jerih upaya yang ia lakukan bertahun-tahun, akhirnya Barnes berhasil mengembangkan pembibitan jagung warna-warninya itu. Yang kemudian diberinya nama Glass Gem Corn. Dari sinilah sejarah Glass Gem Corn terlahir.

Glass Gem Corn atau Jagung Permata (GardenBoard)

Ketika Barnes mendekati usia tua, ia memberikan koleksi benih jagung berharganya itu kepada temannya Greg Schoen. Namun, pada tahun 2010 Greg memutuskan untuk pindah. Sehingga ia bertekad, mencari seseorang yang bisa dipercaya untuk menyimpan dan melindungi koleksi benihnya agar tidak lenyap begitu saja.

Akhirnya, Greg memutuskan untuk menyimpan benih tersebut di Seeds Trust, sebuah perusahaan benih kecil di Arizona. Hal ini untuk memastikan koleksi benih berharga Glass Gem yang paling spektakuler itu tidak hilang selama ia pindah.

Glass Gem Corn (Kosicednes)

Berawal dari rasa keingin tahuan Bill McDorman, sang pemilik benih yang dipercayakan waktu itu, memutuskan untuk menanam beberapa benih di kebunnya sendiri. Dan dia begitu kagum dengan hasil yang didapatkan dari benih itu. Sehingga populasi jagung pelangi pun bisa terus bertahan dan semakin berkembang. Apalagi organisasi tersebut mulai menjualnya melalui website dengan harga $7,95 per paket. Saking uniknya jagung tersebut selalu habis terjual. Dan para pencari benih masih terus berdatangan. Umumnya jagung digunakan untuk membuat tepung atau popcorn, karena tidak dianjurkan memakan jagung langsung dari bonggolnya.

Jagung dengan biji berwarna-warni ini tampak seperti rangkaian manik-manik dari kaca ini kemudian menjadi pembicaraan di internet saat fotonya diunggah di Facebook pada tahun 2012 lalu. Dalam jejaring sosial yang khusus dibuat untuk jagung berwarna pelangi tersebut diganjar 4000 like oleh para pengguna Facebook.

Glass Gem Corn (JustManusiaNormal)

Lalu bagaimana dengan rasa jagungnya? Ternyata jagung-jagung berwarna cantik ini rasanya tidak berbeda dengan jagung biasa, hanya teksturnya lebih keras. Karena itu jagung ini lebih cocok jika dijadikan tepung untuk bahan tortilla atau dijadikan pop corn.

Glass Gem Corn, selain disebut dengan nama Jagung Pertama, jagung ini dikenal juga dengan sebutan jagung pelangi (8villages)

Apakah di rumahmu ada bibit jagung Glass Gem Corn atau pernah merasakannya?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
710kSubscribers
90.2kFollowers