4 Cara Mendapatkan Penginapan Murah Ketika Traveling

0

Beepdo.com, Jakarta – Akomodasi murah adalah impian semua traveler. Penginapan murah diyakini akan mengurangi pengeluaran selama backpacking. Lalu, bagaimana cara agar bisa mendapatkan penginapan murah ketika traveling?

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan penginapan murah:

1. Ikut volunteer

Ikut volunteer, salah satunya di Workaway untuk mendapatkan akomodasi murah. (WorkawayInfo)

Ada beberapa situs yang menyediakan akomodasi gratis, bahkan makanan gratis. Caranya dengan kerja sebagai volunteer. Situs yang terkenal untuk anak kuliah adalah AIESEC, meskipun tidak semua gratis. Tapi, ada banyak situs lain dan yang paling terkenal seperti Workaway. Selain itu ada Worldpackers, dan Helpstay. Di Workaway misalnya, kalian bisa memilih Negara, hingga contoh volunteer yang diinginkan. Misalnya, kalian hanya ingin volunteer mengajar bahasa inggris anak kecil. Tinggal cari dan pilih berdasarkan review. Karena semua host belum tentu memiliki review yang positif.

2. Bermalam di rumah warga lokal

Bermalam di rumah warga lokal (Hipwe)

Bersedia berjalan-jalan, mendapatkan teman baru, hingga bertukar budaya dan bahasa di Couchsurfing. Couchsurfing adalah situs yang sudah terkenal dengan hospitality exchange-nya. Kalian membuka penawaran untuk mencari rumah warga lokal untuk bermalam, kemudian warga lokal tersebut akan menerima tanpa dipungut biaya sepeserpun. Meskipun terlihat gratis, tapi ada tanggung jawab yang juga harus kalian laksanakan. Misalnya, jika mereka ingin belajar bahasa inggris, sering ajak ngobrol bahasa inggris. Jika mereka ingin berjalan-jalan ke suatu tempat, ikut dan temani mereka. Atau bisa saja kalian memberi oleh-oleh khas dari Indonesia sebagai ucapan terima kasih sudah menerima kalian di rumah mereka.

3. Hostel

Hostel (HostelWorld)

Hostel adalah penginapan murah karena konsepnya sama seperti dormitory, satu kamar untuk banyak orang. Dengan ukuran kamar agak besar, hanya tersedia kasur-kasur (yang biasanya tingkat 2), untuk enam, delapan, hingga 12 turis dengan 2 kamar mandi atau lebih. Biasanya semakin banyak isi kamar, semakin murah.
Lalu, bagaimana untuk mendapatkan hostel terbaik? Lihatlah review, rating, dan fasilitas yang ditawarkan. Termasuk mendapat fasilitas breakfast dan dekat dengan tempat pariwisata atau kendaraan umum sehingga tidak perlu keluar uang lebih untuk makan dan transportasi.

4. Sewa apartemen atau rumah

Apartemen (99co)

Salah satu opsi jika pergi bersama keluarga dan dalam waktu yang agak lama. Sewa apartemen, atau rumah, di beberapa situs ternama seperti Airbnb, Wimdu, hingga Roomorama. Jika menyewa seminggu, harga akan jadi lebih murah dari hotel sekalipun. Selain itu, ada fasilitas lengkap yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, seperti furnitur hingga dapur jika ingin memasak makanan sendiri.

Begitulah 4 cara untuk mendapatkan penginapan murah ketika traveling. Ada yang sudah pernah coba salah satu cara tersebut?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers