Kisah Pilu di Balik Pesona Danau Ranu Grati

0

Beepdo.com, JakartaDanau Grati terletak di antara 3 desa yaitu desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon, kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Dengan luas 198 hektar, ranu Grati terletak tidak jauh di sebelah selatan pantai utara, di antara ruas jalan Pasuruan – Probolinggo.

Danau kece ini memiliki latar pemandangan berupa pegunungan Tengger. Woow, cocok nih buat jeprte-jepret. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di danau ini. Salah satunya yaitu berlayar di atas danau dengan perahu yang sudah disiapkan oleh pengelola. Gak hanya itu, kamu juga bisa memancing atau bersepeda air. Cocok neh buat pacaran atau pun acara liburan seru bareng keluarga tercinta.

Danau Grati (WisataPasuruan)

Dahulu, danau ini pernah menggegerkan orang-orang Indonesia dengan tragedi tenggelamnya tank amfibi beserta semua awaknya. Momen tragis itu sampai detik ini masih diliputi misteri. Konon, hilangnya tank dikarenakan tingkah penunggu danau yang di kenal dengan ular raksasa Baru Klinting. Peristiwa nahas itu terjadi pada tanggal 17 Oktober 1979.

Awalnya, kendaraan tank dari Batalyon Zipur 10 amfibi terlihat berdatangan masuk lokasi Grati. Terbetik berita kalau hari itu mereka bakal mengadakan latihan teratur di Ranu Grati. Beberapa sesepuh desa cemas acara latihan pasukan amfibi di perairan Ranu Grati akan mengusik ketenangan Baru Klinting. Bahkan, sebagian orang sesepuh desa merekomendasikan untuk diselenggarakan acara ritual terlebih dulu, yaitu acara selamatan dengan memandikan beberapa anggota pasukan amfibi turun ke danau dengan air bunga.

Danau Grati (TanahNusantara)

Ada juga yang menyarankan supaya latihan pasukan amfibi pagi itu dipending. Hal semacam ini dikarenakan salah seseorang yang diakui bisa berkomunikasi dengan makhluk halus penjaga danau menyampaikan kalau pagi itu Baru Klinting tengah mengadakan satu pesta dengan Ratu Pantai Selatan. Namun, semua anjuran ini ditolak mentah-mentah oleh pasukan amfibi. Mereka lebih yakin dengan hasil survei yang sudah dikerjakan sebelumnya dan tetap mengadakan latihan dengan menurunkan tujuh buah tank amfibi ke perairan Ranu Grati.

Di tengah latihan, mendadak satu di antara tank amfibi berhenti lantaran mesinnya mati. Saksi mata menyampaikan sesudah berhenti, tank itu terlihat menungging serta moncong meriamnya dengan cepat meluncur ke air. Semua penumpang didalam tank yang sejumlah 22 orang terbenam, sedang komandan tank yang ada di atas kendaraan sukses menyelamatkan diri lewat cara berenang.

Danau Grati (Xplora)

Peristiwa tenggelamnya tank amfibi itu betul-betul di luar sangkaan sebab dengan cara teori dalam kondisi mesin mati kendaraan amfibi semestinya masihlah bisa mengapung di air laut sepanjang 8 jam. Tak pernah ada yang bisa menerangkan dengan pasti kenapa tank itu mendadak terbenam ke Beberapa orang menyampaikan tenggelamnya amfibi itu mungkin saja dikarenakan berat type air laut dengan air tawar tidak sama. Tetapi narasi yang paling banyak berkembang, Baru Klinting sang penunggu danau yang meminta korban.

Danau Grati (Mahdierra)

Detik untuk detik selalu berlalu, tak seorang pun dari 22 orang penumpang tank yang terbenam itu memperlihatkan diri. Walau sebenarnya dengan cara logika sesungguhnya beberapa penumpang itu masihlah bisa menyelamatkan diri. Tapi, apa yang terjadi di bawah danau Grati tak pernah ada seseorangpun yang tahu hingga kini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers