Cara Mudah Mengolah Rebung

0

Beepdo.com, JakartaRebung sebenarnya memiliki rasa yang manis dan khas, tetapi tidak jarang saya mendapati rebung yang agak pahit dan berbau langu apalagi saat membeli lumpia. Alhasil, lumpia yang biasanya nikmat justru malah membawa malapetaka saat dimakan.

Kamu punya pengalaman yang sama seperti saya? Nah, usut punya usut hal ini ternyata disebabkan karena cara pengolahannya yang salah. Seperti apa sih cara mengolah rebung yang benar? Simak tips di bawah ini ya!

 

1. Rebus Hingga Empuk dan Buang Airnya

Lumpia rebung (Cookpad)

Ketika baru membeli rebung, sebaiknya langsung direbus terlebih dahulu. Rebus hingga empuk, setelah itu air rebusannya dibuang. Tiriskan dulu rebung yang sudah empuk, lalu cuci lagi sampai bersih. Rebung yang sudah matang ini pun siap diolah.

2. Kukus Rebung

Rebung (Biakbemban)

Kalau tidak ingin rebung terlalu berair saat diolah, bisa kukus terlebih dahulu rebung. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau “pesing” dan rasa pahit bisa hilang.

3. Rendam dalam Air Garam

Rebung (ResepKoki)

Coba rendam rebung dengan air garam selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci bersih. Baru setelah itu bisa direbus atau dikukus untuk kemudian diolah sesuai keinginan.

4. Rebus dengan Air Kelapa

Rebung (TitikNol)

Rebung yang sudah disimpan terlalu lama biasanya baunya akan lebih pekat. Kalau direbus dengan air biasa atau dikukus tak kunjung menghilangkan baunya, bisa coba rebus dengan air kelapa. Siapkan air kelapa secukupnya lalu gunakan sebagai air rebusan untuk merebus rebung. Cita rasa rebung mungkin agak sedikit berubah tapi itu akan memberinya sensasi yang berbeda.

5. Rendam dengan Larutan Air Kapur Sirih

Sayur rebung (Cookpad)

Kalau ingin tekstur rebung tetap terjaga bisa coba pakai air kapur sirih. Caranya siapkan rebung yang sudah diiris lalu rendam dalam air kapur sirih selama beberapa menit. Baru cuci dan bilas hingga bersih sebelum diolah sesuai selera.

Cukup mudah kan tipsnya? Sekarang mengolah rebung nggak perlu khawatir lagi deh. Semoga infonya bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers