Tempe Lupin, Apa Itu?

0

Beepdo.com, JakartaTempe lupin mungkin belum terlalu familiar di telinga kita ketimbang tempe berbahan baku kacang kedelai. Tapi tahu kah kamu, kacang lupin yang merupakan tanaman kacang-kacangan dari Australia ini tenar di daerah Malang, Jawa Timur .

Tempe lupin dinilai lebih menarik karena warnanya yang kuning cerah, meskipun rasanya sedikit asam dan teksturnya yang lengket. Oleh karena itulah tempe lupin lebih sering diolah menjadi keripik tempe. Untuk mencobanya, kamu bisa membeli keripik tempe lupin di toko-toko online sekarang.

Tempe lupin (Twitter)

Lupin merupakan grain legume yang sebenarnya telah digunakan cukup lama sebagai pangan. Namun, manfaat dan nilai gizi dari lupin baru diketahui beberapa dekade belakangan ini. Pengembangan dari lupin tersebut meliputi pasta, roti, mie, tahu, tempe dan biskuit.

Upaya mendorong kacang lupin sebagai bahan baku alternatif tempe dimulai sejak 1980-an. Namun, karena bulir kacang dianggap terlalu besar tak banyak perajin yang tertarik. Apalagi, saat itu harga kedelai masih stabil. Kini, bulir lebih kecil dan dikirim dalam kondisi kulit bersih dan siap diolah menjadi tempe.

Kacang Lupin (tempe63)

Kacang lupin sebenarnya tak jauh berbeda dengan kacang kedelai. Bahkan kandungan protein lebih tinggi sedangkan kandungan lemak lebih rendah. Sehingga kacang lupin lebih sehat. Sedangkan tekstur kacang lupin yang sama dengan kacang kedelai sehingga cocok menggantikan kedelai sebagai bahan baku pembuatan tempe. Kabar baik bagi mereka yang alergi dengan Gluten, Kacang Lupin tidak mengandung Gluten sehingga aman untuk dikonsumsi. Sebagian besar Kedelai yang digunakan di Indonesia untuk bahan baku tempe merupakan produk impor.

Tanaman Lupin hanya tumbuh dalam skala besar di Australia Barat. Meskipun dapat diproduksi cukup untuk menggantikan semua Kedelai impor, Lupin bukan merupakan komoditas perdagangan dunia dan memiliki harga yang lebih stabil yang umumnya jauh lebih rendah dibandingkan harga Kedelai. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Australia Barat secara geografis sangat dekat dengan Indonesia (dalam lingkungan yang sama), sehingga waktu dan biaya transportasi Lupin ke Indonesia dapat lebih cepat dan lebih murah.

Tempe goreng (Yukepo)

Saat ini, banyak perajin tempe di Indonesia telah mulai membuat Tempe Lupin dan mencoba menentukan rasa yang paling sesuai dengan cita-rasa dan pilihan masing-masing daerah. Seiring dengan waktu, Lupin akan menjadi jauh lebih baik sebagai subtititusi terbaik dari Kedelai untuk bahan pembuatan Tempe. Sudah pernah coba Tempe Lupin ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers