Pangi, Sajian Istimewa dari Sulawesi Utara

0

Beepdo.com, JakartaPangi merupakan nama sayuran khas Manado. Yang membuat makanan ini unik adalah proses memasaknya. Dan biasanya, sayuran ini dihidangkan pada perayaan istimewa, seperti Natal dan pernikahan.

Pernahkah kamu mendengar kata kluwak? Kluwak adalah buah yang digunakan sebagai penyedap rasa. Biasanya, kluwak digunakan juga untuk membuat rawon yang kuahnya hitam. Dari pohon yang sama itulah, masyarakat Manado memanfaatkan daun mudanya untuk dijadikan sayur pangi.

proses pembuatan Pangi (PangiDanSaut)

Proses pembuatannya sangat unik. Daun dirajam tipis-tipis mirip seperti rajaman daun tembakau. Sesudah dirajam kemudian diberikan bumbu, lalu dimasukkan ke dalam buluh (batang bambu), yang kemudian ditaruh di dekat bara api. Buluh yang sudah diisi pangi hanya dipanaskan di dekat bara api, bukan dibakar, supaya buluh tidak pecah.

Bumbu sayur pangi terdiri dari daun bawang, kemangi, biji pala, jahe (goraka), dan cabe hijau yang telah direbus setengah matang lalu diulek. Pangi bisa diolah dengan direbus setengah matang dulu, tapi ada juga yang tidak direbus. Tergantung selera. Terkadang, dalam proses pembuataanya dicampurkan juga lemak babi yang berfungsi untuk melembekkan daun pangi.

Sayur Pangi khas Manado (Cookpad)

Proses pembuatan sayur pangi yang unik ini juga menghasilkan rasa yang berbeda. Wangi batang bambu yang digunakan sebagai alat memasak dapat tercium dari harumnya sayur pangi. Selain itu, proses pembuatannya pun tergolong menyehatkan karena tidak menggunakan minyak goreng, sehingga makanan ini rendah lemak dan kolesterol. Sayur pangi biasanya disajikan bersama sambal dabu-dabu atau dabu-dabu lilang sebagai pelengkap.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers